Apa Perbedaan Sekolah Internasional dengan Sekolah Nasional?

sekolah nasional

Sampoerna Academy merupakan sekolah internasional di Jakarta yang dikenal unggul dalam membentuk karakter anak didiknya. Meskipun jumlahnya kalah banyak dari sekolah nasional, hal ini tidak menyurutkan minat orang tua memilih sekolah internasional. Bukan tanpa sebab, mereka menyadari bahwa pendidikan adalah investasi bagi anak di masa depan. Tentu mereka ingin memberikan yang terbaik dengan menyekolahkan anaknya di sekolah internasional di Jakarta.

Perbedaan Sekolah Internasional dengan Sekolah Nasional?

Sebenarnya, sekolah nasional pun sukses mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Namun, sekolah internasional memiliki sejumlah nilai plus yang tak dimiliki sekolah nasional.

Kurikulum

Sekolah nasional menerapkan sistem kurikulum yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum nasional berfokus pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Sementara sekolah internasional di Jakarta menerapkan kurikulum yang disesuaikan. Sampoerna Academy menerapkan kurikulum Cambridge International  untuk mendorong siswa fasih berbahasa Inggris dan Indonesia sehingga mereka dapat bersaing secara global.

Sebagai sekolah internasional di Jakarta, Sampoerna Academy juga menggunakan kurikulum International Baccalaureate Diploma Programme (IBDP) yang diperuntukkan bagi siswa berusia 16 hingga 19 tahun. IBDP bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki jenjang universitas dan mendorong mereka berwawasan global, memiliki kreativitas, dan mampu mengembangkan emosi, intelektualitas, dan kemampuan sosial.

Sistem Pembelajaran

Sistem pembelajaran sekolah nasional lebih berfokus pada teori sehingga minim praktik. Lain halnya dengan sekolah internasional di Jakarta yang justru memperbanyak praktik. Bahkan, Sampoerna Academy menggunakan sistem pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math). STEAM berfokus pada akademik dan pembentukan karakter.  Melalui STEAM, siswa diharapkan bisa berpikir kritis, kolaboratif, kreatif, komunikatif, dan mampu memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran.

Bahasa Pengantar

Sesuai kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, sekolah nasional menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Sementara sekolah internasional di Jakarta menggunakan bahasa asing Inggris dan Mandarin.

Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar di sekolah lokal berasal dari dalam negeri, menyesuaikan kurikulum. Sementara tenaga pengajar di sekolah internasional di Jakarta didominasi guru asing yang memiliki kompetensi mumpuni.

Fasilitas

Sebagian besar sekolah nasional memang telah dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan belajar. Namun, masih kalah lengkap dengan fasilitas yang dimiliki sekolah internasional di Jakarta. Di Sampoerna Academy, siswa akan belajar di ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi AC. Mereka bisa menambah wawasan dengan membaca buku di perpustakaan atau mengisi perut yang lapar di kantin. Terdapat sarana olahraga untuk menunjang kemampuan mereka.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan terhadap sekolah internasional di Jakarta yang perlu diketahui. Sampoerna Academy merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin sukses di segala aspek. Tunggu apa lagi? Segera gabung menjadi bagian dari keluarga besar Sampoerna Academy!