Kenali Kurikulum IEYC untuk Jenjang Early Learning Sekolah Internasional di Jakarta

sekolah internasional di jakarta

Tahukah Anda bahwa sekolah internasional di Jakarta menggunakan kurikulum IEYC untuk jenjang Early Learning? Mari cari tahu apa keistimewaan kurikulum ini.

Mayoritas sekolah internasional di Jakarta menawarkan International Early Years Curriculum atau IEYC untuk siswa jenjang Early Learning. Apa keistimewaan dan manfaat kurikulum ini daripada kurikulum pendidikan anak usia dini lainnya?

Keistimewaan IEYC

Lima tahun pertama kehidupan anak disebut golden age yang menjadi tahapan perkembangan terpenting. Alasan ini memperkuat kebutuhan perancangan kurikulum khusus kelompok usia dini. Pengenalan kurikulum IEYC pada tahun 2016 pun memberi angin segar bagi pendidikan jenjang usia dini sekolah internasional di Jakarta.

IEYC menggunakan praktik terbaik global dalam pendidikan anak usia dini. Caranya lewat penyelidikan holistik dan pendekatan berbasis permainan yang meliputi aspek pengembangan pribadi, sosial, dan emosional.

Beberapa hal yang membuat kurikulum ini istimewa adalah:

Bersifat fleksibel

Kurikulum bersifat fleksibel sehingga pengajar dapat menyesuaikannya dengan kurikulum nasional sekolah internasional di Jakarta. Selain itu, IEYC juga menitikberatkan proses pembelajaran dan perkembangan anak alih-alih pengukuran hasil.

Sekolah internasional di Jakarta dapat mengembangkan unit pembelajaran sesuai tema pilihan yang mampu menangkap rasa ingin tahu alami anak. Misalnya, bahasa, seni, STEAM, musik, IT, dan olahraga.

IEYC Learning Process

Mengacu pada delapan prinsip IEYC

Sekolah internasional di Jakarta biasanya menerapkan kurikulum ini dengan mengacu pada delapan prinsip, yaitu:

  1. Usia dini merupakan fase terpenting anak.
  2. Anak harus mendapat dukungan untuk belajar dan berkembang sesuai tahapan masing-masing.
  3. Bermain menjadi aspek terpenting dalam pembelajaran dan perkembangan anak.
  4. Pembelajaran terjadi dengan memanfaatkan keingintahuan alami anak dan distimulasi lewat lingkungan yang memadai.
  5. Menciptakan pengalaman belajar mandiri dan saling bergantung untuk pengembangan pribadi anak.
  6. Pengembangan pengetahuan dan keterampilan anak fokus pada meningkatkan pemahaman anak, dengan memberi anak ruang untuk bereksplorasi dan mengekspresikan ide-idenya.
  7. Penilaian berkelanjutan hadir lewat bentuk evaluasi dan refleksi, serta melibatkan hubungan pembelajaran di rumah.
  8. Belajar harus menarik, memotivasi, dan menyenangkan sehingga anak dapat menemukan sendiri dan mengembangkan minat pribadinya.

Manfaat Penerapan IEYC pada Perkembangan Anak

Menilik keistimewaan IEYC di atas, Anda tentu sudah dapat membayangkan apa saja manfaat penerapan kurikulum ini pada sekolah international di Jakarta, antara lain:

Menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan untuk anak

Sekolah international di Jakarta mengemas kurikulum ini ke dalam berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa merangsang rasa ingin tahu anak. Misalnya, belajar keterampilan dasar dan sensory fun learning lewat aktivitas seni dan kerajinan tangan. Lalu, ada juga kegiatan yang mengasah motorik kasar anak, seperti menari dan berolahraga.

Mengembangkan kepribadian anak secara menyeluruh

Sekolah international di Jakarta merancang kegiatan sesuai kebutuhan dan kemampuan anak melalui permainan menarik. Cara belajar interaktif ini akan membantu anak berkembang sesuai tahapan perkembangan, termasuk mengasah keterampilan sosial, kemandirian, dan bekerja sama pada diri anak.

Mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya

Sekolah international di Jakarta sudah memperhitungkan apa saja yang perlu dikuasai anak sebelum naik ke jenjang pendidikan lanjutan. Dengan begitu, anak pun lebih siap memasuki jenjang sekolah dasar karena sudah memiliki bekal yang kuat sesuai tahapan perkembangannya.

IEYC merupakan kurikulum sekolah internasional di Jakarta paling ideal untuk anak usia 2-5 tahun. Anda bisa memastikan kebutuhan dan perkembangan anak tercapai optimal jika menyekolahkan mereka di Sampoerna Academy, salah satu sekolah international di Jakarta terdepan.

Yuk, segera daftarkan anak Anda di Sampoerna Academy sekarang!