6 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Siswa Sekolah Internasional di Tangerang Selatan

sampoerna academy

Karena menggunakan sistem pembelajaran dan kurikulum yang sudah berstandar internasional, suasana belajar di institusi pendidikan bertaraf internasional termasuk sekolah internasional di Tangerang Selatan tentu berbeda. Inilah yang membuat anak-anak yang lulus dari sana memiliki sejumlah pengalaman berbeda yang tidak dimiliki oleh anak-anak yang bersekolah di sekolah negeri atau swasta lainnya.

Bagi siswa-siswa sekolah internasional di Tangerang Selatan dan di berbagai kota lainnya, ada berbagai pengalaman yang mungkin akan dirasakan. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Baca Juga: Sampoerna Academy BSD

1.     Suasana Belajar yang Interaktif

sampoerna academy

Di sekolah bertaraf internasional, para siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pemikiran dengan leluasa. Selain diberi kesempatan untuk berpidato, interaksi dua arah dengan sesama siswa maupun guru akan membuka pemikiran menjadi lebih luas. Kebebasan untuk berbicara ini akan membuat anak-anak lebih berani dalam berinteraksi serta mengutarakan ide yang mereka miliki.

2.     Jago Berbahasa Inggris

Dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas, anak-anak akan terbiasa. Tidak hanya jadi pendengar, tapi juga berbahasa Inggris dengan aktif. Saling koreksi antar murid dengan guru akan membantu memperbaiki grammar dan lain sebagainya.

3.     Punya Teman Warga Negara Asing

sampoerna academy

Bersekolah di sekolah standar internasional memungkinkan siswa bertemu dengan siswa lain yang berasal dari negara lain. Selain anak-anak ekspatriat yang bekerja di Indonesia, siswa-siswa asing itu juga berasal dari program pertukaran pelajar. Tak hanya itu, anak-anak juga mendapatkan kesempatan serupa dengan ikut program pertukaran pelajar ke luar negeri.

4.     Tidak Perlu Memilih Antara IPA dan IPS

Salah satu dilema yang kerap dihadapi oleh anak sekolah negeri dan swasta non-internasional adalah harus memilih jurusan antara IPA dengan IPS. Di sekolah internasional, kurikulum yang digunakan berbeda. Meski begitu, ada juga beberapa sekolah yang menggunakan sistem penjurusan yang berbeda dan umumnya lebih beragam. Misalnya saja jurusan seni dan jurusan humanities yang tidak ada di sekolah non-internasional.

5.     Memiliki Beban Ujian yang Lebih Besar

sampoerna academy

Kurikulum yang berbeda membuat beban ujian anak-anak yang bersekolah di sekolah internasional cenderung lebih berat. Di beberapa sekolah yang menggunakan kurikulum berstandar internasional misalnya, setiap mata pelajaran mengharuskan siswa ikut 2 jenis ujian yakni teori dan studi kasus. Selain itu, siswa juga biasanya diberi tugas esai yang wajib dipresentasikan.

Hal lain yang tidak kalah menantang bagi siswa sekolah internasional adalah harus tetap ikut ujian nasional. Meskipun tidak menggunakan kurikulum nasional, namun untuk lulus harus tetap menggunakan standar yang berlaku di Indonesia.

6.     Terbiasa dengan Menulis Esai

Kemampuan menulis esai yang sudah dilatih sejak di bangku sekolah akan menjadi pengalaman tersendiri bagi alumni sekolah internasional. Ini tentu memiliki dampak yang sangat positif yang akan membuat mereka terbiasa mengerjakan tugas serupa saat berkuliah nanti.

Itulah 6 hal yang hanya bisa dirasakan oleh siswa-siswa yang bersekolah di sekolah internasional, termasuk sekolah internasional di Tangerang Selatan. Bagi para orang tua yang menginginkan anak-anaknya mendapatkan pengalaman semacam ini, Sampoerna Academy merupakan pilihan sekolah internasional terbaik di Tangerang Selatan. Perpaduan kurikulum yang didesain khusus dengan standar internasional akan menyiapkan putra-putri Anda menjadi generasi yang siap bersaing di kancah global.