Kurikulum Cambridge Pengertian dan Ini Sekolah Internasional yang Menerapkanya

sekolah internasional di

Kurikulum menjadi salah satu aspek penting yang perlu orang tua pertimbangkan saat memilih sekolah untuk anak. Dalam hal ini, banyak sekolah internasional di Indonesia yang mengadopsi kurikulum Cambridge sebagai pedoman pendidikan. Jadi, apa sebenarnya kurikulum Cambridge tersebut? Mengapa sekolah internasional di Bogor dan Sentul seperti Sampoerna Academy juga menerapkannya? Simak penjelasan rekomendasi berikut ini.

Apa Itu Kurikulum Cambridge?

Seperti namanya, kurikulum Cambridge atau Cambridge Curriculum International adalah sebuah program pendidikan yang datang dari organisasi non-profit milik Universitas Cambridge. Sejauh ini, ada lebih dari 10.000 sekolah di dunia yang mengadopsi kurikulum ini—yang tersebar di 160 negara. Pedoman pendidikan ini juga sudah mendapatkan pengakuan internasional dari berbagai universitas dan perusahaan di seluruh dunia.

Lantas, apa saja keunggulannya? Mengapa sekolah internasional di Bogor dan Sentul juga menerapkannya?

Mengapa Harus Pilih Sekolah Internasional di Bogor dan Sentul yang Sudah Menerapkan Kurikulum Cambridge?

Banyak orang tua mempertimbangkan Cambridge curriculum sebagai pertimbangan saat memilih sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang berkualitas. Untuk itu, berikut ini beberapa keunggulan dari sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang mengadopsi kurikulum tersebut.

  • Cambridge curriculum telah terbukti mampu menumbuhkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab pada peserta didik.
  • Kurikulum tersebut menawarkan struktur yang jelas dalam memandu kemajuan siswa dari awal hingga akhir pendidikan.
  • Kurikulum tersebut memiliki sifat yang fleksibel sehingga sekolah mudah mengaplikasikannya sesuai kebutuhan siswa.
  • Cambridge curriculum juga mendukung pengembangan kualifikasi pengajar demi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
  • Tersedia berbagai jenis mata pelajaran serta kombinasinya, yang bisa sekolah manfaatkan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik.
  • Kurikulum ini juga fokus pada penguatan pemahaman siswa tentang apa yang sedang mereka pelajari dan mengasah keterampilan analitis.

Itulah beberapa keuntungan yang akan orang tua dapat jika memilih sekolah internasional di Bogor dan Sentul dengan Cambridge curriculum. Dalam praktiknya, kurikulum ini terbagi atas empat jenjang pembelajaran atau Cambridge Pathway yang mengukur kemampuan siswa mulai SD hingga pra-universitas.

Rekomendasi Sekolah Internasional di Bogor dan Sentul dengan Kurikulum Cambridge

Lalu, manakah sekolah international di Bogor dan Sentul yang telah berpengalaman menerapkan Cambridge curriculum? Sampoerna Academy merupakan rekomendasi sekolah international di Bogor dan Sentul terbaik yang menggunakan kurikulum Cambridge. Sebagai contoh, pada jenjang sekolah dasar kelas 6, sekolah internasional ini sudah mengadopsi yang namanya Cambridge Primary Checkpoint.

Cambridge Primary Checkpoint adalah serangkaian penilaian yang diadaptasi sekolah saat memasuki tahun terakhir pendidikan dasar. Selain itu, sekolah internasional di Bogor dan Sentul ini juga menerapkan Cambridge IGCSE. Itu merupakan salah satu kualifikasi internasional paling populer di dunia bagi anak di rentang usia 14 hingga 16 tahun. Kualifikasi tersebut juga menjadi bagian dari tahap kedua dalam kurikulum Cambridge.

Sebagai sekolah international di Bogor dan Sentul yang berkualitas, Sampoerna Academy juga menggunakan Cambridge A Levels dalam standar pendidikannya. Cambridge A Levels merupakan jenis program pendidikan pada tahap pra-universitas yang dibuat oleh Cambridge Assessment International Education (CAIE). Karena berbagai alasan itulah, para orang tua perlu mempertimbangkan sekolah international di Bogor dan Sentul dengan kurikulum Cambridge.