Kurikulum Cambridge Pengertian dan Sekolah Internasional yang Menerapkanya

kurikulum Cambridge

Banyak sekolah internasional di Jakarta menerapkan kurikulum Cambridge selain kurikulum nasional. Sekolah-sekolah yang mengadopsi kurikulum ini tentu punya alasan kuat. Sebagai salah satu kurikulum berstandar internasional, kurikulum Cambridge punya sederet keunggulan yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah keunggulan itu?

Kurikulum Cambridge Mendorong Siswa Mencintai Proses Belajar

Sekolah internasional di Jakarta memilih kurikulum Cambridge untuk mendorong siswa mencintai proses belajar. Siswa akan memahami bahwa mempelajari sesuatu bukan sekadar mencapai hasil tertentu, tetapi bagaimana mereka menikmati proses belajar dengan menyenangkan.

Lewat kurikulum ini, siswa akan mengembangkan tiga hal, yaitu:

  1. Mempelajari pengetahuan secara mendalam sebagai dasar pengembangan kemampuan memecahkan masalah.
  2. Pemahaman konseptual sebagai kunci memahami, mengubah, membuat koneksi, dan membuka cara berpikir baru atas suatu subjek.
  3. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan melibatkan pemecahan masalah, berpikir kritis, riset mandiri, dan menyampaikan pendapat.

Kurikulum Cambridge Membangun Kompetensi Global dalam Diri Siswa

Sekolah internasional di Jakarta berpandangan kurikulum Cambridge akan membantu siswa menemukan minat dan bakatnya sejak dini. Dengan kemampuan yang telah terspesialisasi, keterampilan siswa akan terarah dan terasah.

Kurikulum ini juga menyiapkan siswa untuk menguasai kompetensi global. Sebut saja, terampil berbahasa Inggris, membangun cara pandang internasional, serta menumbuhkan sikap percaya diri, bertanggung jawab, aktif, inovatif, dan reflektif.

Fleksibilitas dalam Mengadopsi Kurikulum

Kurikulum Cambridge memperkenalkan Cambridge Pathway, yaitu jenjang pendidikan untuk anak usia 5 tahun sampai 19 tahun. Jenjang tersebut terdiri dari:

  1. Cambridge Primary (5 tahun ke atas)
  2. Cambridge Lower Secondary (11 tahun ke atas)
  3. Cambridge Upper Secondary (14 tahun ke atas)
  4. Cambridge Advanced (16 tahun ke atas)

Setiap sekolah internasional di Jakarta leluasa mengadopsi kurikulum sesuai kebudayaan, konteks, etos, dan kebutuhan siswa. Misalnya, di Sampoerna Academy, yang akan Anda jumpai di jenjang SD sampai sekolah menengah.

Sistem Penilaian yang Tertata Rapi

Sekolah internasional di Jakarta percaya bahwa sistem penilaian yang rapi adalah jantung pendidikan berkualitas. Dalam kurikulum Cambridge, proses penilaian berpijak pada empat prinsip: adil, valid, andal, dan mudah dilaksanakan. Struktur penilaian yang berlaku dapat diaplikasikan secara fleksibel dengan mengoptimalkan waktu pembelajaran siswa.

Peluang Melanjutkan Studi ke Universitas Terbaik Dunia

Kesempatan melanjutkan studi ke luar negeri jadi salah satu alasan Anda menyekolahkan anak di sekolah internasional di Jakarta. Sekolah dengan kurikulum Cambridge dapat menjadi jembatan anak untuk mencapai tujuan tersebut.

Kualifikasi sekolah Cambridge telah memperoleh pengakuan dari berbagai universitas hingga perusahaan kelas dunia. Sekolah pun telah tergabung dalam komunitas pembelajaran yang tersebar di 160 negara.

Dengan kompetensi global yang dimiliki, lulusan sekolah internasional di Jakarta memiliki akses lebih besar menuju universitas terbaik dunia—mulai dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, hingga negara maju lainnya.

Penerapan kurikulum ini di sekolah internasional di Jakarta bertujuan mempersiapkan siswa menjalani pembelajaran sepanjang hayat. Di sini, minat dan hasrat belajar siswa terus tumbuh dan berkembang sehingga rasa ingin tahu mereka terus tumbuh subur.

Sampoerna Academy adalah salah satu sekolah internasional di Jakarta yang konsisten menerapkan kurikulum Cambridge. Bersama Sampoerna Academy, anak Anda tumbuh sebagai pribadi tangguh, percaya diri, bertanggung jawab, dan siap berkontribusi untuk dunia.

Yuk, gabung dengan Sampoerna Academy sekarang! Pendaftaran melalui link berikut ini.