Memilih Sekolah Internasional di Surabaya: 3 Tips Mudah untuk para Orang Tua

sampoerna academy

Sekolah internasional di Surabaya umumnya dikenal sebagai lembaga pendidikan bergengsi dengan biaya administrasi yang tidak sedikit. Namun, di balik predikat prestisius sebagai sekolah internasional, ada banyak faktor yang menjadikan lembaga tersebut sebagai pilihan utama para orang tua, seperti kurikulum internasional yang diajarkan, fasilitas yang memadai, serta lingkungan yang menunjang perkembangan anak.

Seiring dengan banyaknya pilihan sekolah internasional yang di Indonesia, Anda mungkin makin kesulitan memilih sekolah terbaik untuk sang buah hati. Sekalipun semua lembaga pendidikan bertaraf internasional pada umumnya memiliki keunggulan tersendiri, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Sampoerna Academy Surabaya

Untuk membantu Anda memilih sekolah internasional di Surabaya, bacalah 3 tips berikut ini:

1.      Pilih Kurikulum dan Metode Pengajaran yang Cocok

sampoerna academy

Sebagian besar orang tua siswa di sekolah internasional memasukkan anaknya ke sana dengan tujuan untuk menyiapkan sang anak melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Karena itu, pastikan sekolah pilihan Anda memakai kurikulum internasional seperti Cambridge ICGSE, IB, atau Montessori. Mempelajari perbedaan masing-masing kurikulum serta materi yang diajarkan bisa menjadi titik mula yang baik sebelum menentukan sekolah internasional pilihan Anda.

Metode pengajaran juga bisa masuk ke dalam pertimbangan Anda. Carilah informasi sebanyak-banyaknya. Misalnya, apakah sekolah mendukung pengajaran bahasa asing selain Bahasa Inggris? Apakah sekolah memiliki metode khusus dalam proses pembelajaran di kelas? dll.

2.      Perhitungkan Biaya Pendidikan secara Saksama

sampoerna academy

Sesuai kualitasnya, sekolah internasional di Surabaya menerapkan biaya administrasi yang relatif cukup tinggi. Biaya yang dimaksud mencakup biaya masuk, biaya administrasi (bulanan atau per semester), serta biaya tambahan lain yang berkaitan dengan kegiatan siswa di sekolah.

Perhatikan rincian biaya yang perlu Anda keluarkan dan sesuaikan dengan bujet yang tersedia. Selain pembayaran administrasi, carilah informasi mengenai biaya lain yang berkaitan dengan sekolah, seperti biaya transportasi atau ekstrakurikuler. Hal ini sangat penting, terutama untuk Anda yang hendak menyekolahkan lebih dari satu anak dalam waktu yang berdekatan.

3.      Perhatikan Fasilitas dan Pelayanan Sekolah

sampoerna academy

Fasilitas harus sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan. Sekolah internasional pada umumnya harus memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap daripada sekolah umum kebanyakan; laboratorium, perpustakaan, ruang belajar yang nyaman, ruang ibadah, sarana olahraga, dan gedung ekstrakurikuler adalah segelintir fasilitas dasar yang dapat ditemui di sekolah tersebut.

Beberapa sekolah juga memberikan pelayanan ekstra kepada para siswa, seperti makan siang, layanan antar-jemput, hingga kelas tambahan di luar jam pelajaran untuk melakukan pengayaan materi-materi khusus.

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan saat hendak memilih sekolah internasional di Surabaya. Pada akhirnya, kualitas pendidikan sangat berpengaruh terhadap masa depan anak Anda. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk tidak memasukkannya ke sekolah terbaik.

Salah satu sekolah internasional yang paling diminati saat ini adalah Sampoerna Academy. Pelopor pengajaran dengan kurikulum STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) ini memiliki banyak cabang yang telah sukses mencetak siswa-siswi berprestasi di antero Indonesia.