Metode STEAM Adalah dan Kenapa Digunakan Berikut Penjelasan Lengkapnya

STEAM

Memilih sekolah internasional yang berkualitas tentunya harus melalui pertimbangan yang matang. Metode STEAM pun menjadi salah satu kriteria yang sering orang tua perhatikan saat mencari sekolah dengan standar pendidikan global. Lalu, apa yang membuat kurikulum ini begitu istimewa sampai sekolah internasional di Bogor dan Sentul seperti Sampoerna Academy juga mengadopsinya? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini!

 

Mengenal Metode Pembelajaran STEAM di Sekolah Internasional di Bogor dan Sentul

STEAM adalah kependekan dari Science, Technology, Engineering, Arts, and Math. Pada dasarnya adalah suatu pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk memicu minat serta kecintaan anak-anak terhadap seni dan sains sejak usia dini. Dalam praktiknya, metode pendidikan ini juga lebih sering menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Tujuannya adalah untuk membentuk lingkungan belajar yang inklusif sehingga semua siswa dapat terlibat dan berkontribusi dalam pembelajaran.

 

Apa Keuntungan Memilih Sekolah Internasional di Bogor dan Sentul yang Menerapkan STEAM?

Lantas, apa yang membuat banyak orang tua tertarik memilih sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang menggunakan STEAM? Nah, berikut ini beberapa keuntungan bagi siswa jika memilih sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang mengadopsi STEAM.

  • Metode STEAM Menekankan pada pembelajaran yang dipersonalisasi

Salah satu sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang menerapkan STEAM adalah Sampoerna Academy. Dalam praktiknya, sekolah tersebut mengaplikasikan kurikulum tersebut dengan cara menekankan pada aspek kolaborasi dan pembelajaran yang lebih dipersonalisasi. Guru akan mengajak anak untuk membuat kelompok belajar dan kemudian mengadakan suatu penelitian yang merujuk pada minat pribadi siswa.

  • Pemecahan masalah yang berorientasi pada kehidupan nyata

Dalam STEAM, seperti yang Sampoerna Academy selama ini lakukan, pemecahan masalah akan berorientasi pada hal-hal yang terjadi di dunia nyata. Siswa akan belajar caranya mengumpulkan informasi, menganalisis, menyintesis, dan kemudian memperoleh pemahaman atas suatu kasus.

  • Belajar mengomunikasikan hasil temuan

Sekolah internasional di Bogor dan Sentul dengan pendekatan STEAM juga mendorong siswa untuk meningkatkan kualitas komunikasinya. Di akhir pembelajaran, guru akan mengajak siswa untuk mempresentasikan pengetahuan baru yang mereka peroleh. Dengan begitu, para peserta didik pun nantinya dapat membangun kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

  • Guru memiliki tolok ukur evaluasi yang akurat

Selain bermanfaat bagi proses belajar siswa, STEAM juga memberi kemudahan bagi guru untuk mengukur keberhasilan pembelajaran. Dengan metode belajar ini, guru bisa mengetahui seberapa baik siswa mengomunikasikan temuannya dan apa saja yang sudah mereka pelajari. Itulah alasan sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang menerapkan kurikulum ini punya kualitas pendidikan yang baik.

  • Metode STEAM Mendukung pembelajaran abad ke-21

Sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang menerapkan STEAM mendukung 21st century learning. Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada tiga aspek utama, yakni keterampilan dalam berkarier dan hidup, belajar dan inovasi, serta informasi dan teknologi. Tujuan dari metode ini adalah agar kelak anak dapat menjadi seorang inovator, pemikir kritis, dan juga pemimpin di masa depan.

Demikian beberapa alasan pentingnya memilih sekolah internasional di Bogor dan Sentul yang menerapkan STEAM seperti Sampoerna Academy. Dengan ini, anak pun dapat meningkatkan kemampuan diri agar dapat bersaing di tingkat global.