Rekomendasi Sekolah Internasional di Tangerang Selatan yang Menerapkan STEAM

sampoerna academy

Di dunia pendidikan saat ini, STEAM menjadi istilah yang sangat populer. STEAM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics, yang merupakan suatu jenis metode pembelajaran. Karena sangat penting untuk pengembangan keterampilan anak, pilih sekolah internasional di Tangerang Selatan yang menggunakan STEAM, seperti Sampoerna Academy misalnya. Untuk penjelasan lengkap soal STEAM dan rekomendasi sekolah yang menerapkannya, simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga: Sampoerna Academy BSD

Apa Itu STEAM?

Sebelum membahas rekomendasi sekolah internasional di Tangerang Selatan yang menerapkan STEAM, mari cari tahu definisi dari metode pembelajaran ini. STEAM adalah suatu pendekatan dalam pendidikan yang menggunakan lima elemen ilmu untuk memandu siswa agar dapat menjadi pemikir yang kritis. Alih-alih mengajarkan sains, teknologi, teknik, dan matematika secara terpisah, STEAM justru mengintegrasikannya ke dalam satu unit pembelajaran.

Mengapa Harus Pilih Sekolah Internasional di Tangerang Selatan yang Menerapkan STEAM?

Orang tua perlu mempertimbangkan STEAM sebagai kriteria saat memilih sekolah internasional di Tangerang Selatan. Berikut adalah beberapa keunggulan STEAM yang membuatnya sangat penting bagi pembelajaran sekolah internasional di Tangerang Selatan.

  • Mengajarkan kerja sama tim yang baik

Menyelesaikan tugas kelompok menjadi bagian tidak terpisahkan dalam metode pembelajaran STEAM. Hal tersebut dapat memotivasi siswa agar bisa bekerja secara baik dalam tim dan sekaligus mengembangkan leadership.

  • Semuanya saling terkoneksi

Dalam metode pembelajaran STEAM, tidak ada mata pelajaran yang lebih rendah atau tinggi dibandingkan yang lain. Semua ilmu pengetahuan saling terkoneksi sehingga membantu siswa menumbuhkan minat belajar yang sama pada setiap pelajaran.

  • Berpikir di luar kotak (out of the box)

Karena STEAM menghubungkan kelima elemen ilmu, metode pembelajaran ini sangat efektif dalam membentuk pribadi siswa yang berpikiran kritis dan kreatif.

Sekolah Internasional di Tangerang Selatan yang Menerapkan STEAM

steam

Untuk rekomendasi sekolah internasional di Tangerang Selatan yang menerapkan STEAM, Sampoerna Academy adalah pilihan tepat bagi Anda. Sekolah internasional di Tangerang Selatan tersebut menggunakan STEAM sebagai pendekatan pendidikan yang menekankan pada aspek kolaborasi dan pembelajaran yang dipersonalisasi.

Dalam praktiknya, guru akan melibatkan siswa dalam berbagai jenis tugas kelompok untuk melatih mereka memecahkan masalah. Dengan demikian, siswa pun dapat belajar untuk memutuskan cara yang tepat untuk menyelesaikan setiap masalah. Dalam prosesnya, siswa juga akan belajar mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, menganalisis, dan akhirnya memperoleh pemahaman atas masalah tersebut.

Di akhir pembelajaran STEAM, guru akan meminta siswa untuk mempresentasikan pengetahuan baru yang mereka peroleh. Dari sini, pengajar dapat mengevaluasi seberapa jauh pemahaman siswa dan seberapa baik mereka dapat mengomunikasikannya. Metodologi STEAM di Sampoerna Academy juga menerapkan berbagai kegiatan yang melibatkan keterampilan hidup seperti refleksi dan kolaborasi. Tujuannya adalah untuk membuat siswa lebih termotivasi dalam meningkatkan nilai diri, yang akan berguna untuk karier mereka di masa depan.

Itulah mengapa, memilih sekolah internasional di Tangerang Selatan yang menerapkan STEAM seperti Sampoerna Academy sangat membantu dalam pengembangan keterampilan anak. Oleh karenanya, gunakan metode pembelajaran STEAM sebagai kriteria utama dalam memilih sekolah internasional di Tangerang Selatan yang berkualitas!