FAQ - Sampoerna Academy

PEDOMAN SAMPOERNA ACADEMY

Sampoerna Academy adalah sekolah yang berfokus pada STEAM yang membuka kelas dari tingkat pra-taman kanak-kanak (Pre-Kindergarten) ke tingkat menengah. Sekolah ini memiliki empat kampus yang berlokasi di Jakarta, BSD City, dan Medan.

Sampoerna Academy membuka kelas untuk semua tingkat dengan rincian sebagai berikut:

  Jakarta BSD Medan
Pre-kindergarten
Kindergarten
Elementary School
Secondary School  
IB DP*  
American College  

*IB DP candidate school. Penawaran mata kuliah dimulai pada musim gugur 2019 setelah proses otorisasi.

Diluncurkan pada Februari 2014 di kampus Jakarta dan BSD, Sampoerna Academy saat ini telah beroperasi lebih dari dua tahun. Kampus Medan beroperasi dengan nama yang berbeda selama 11 tahun hingga Januari 2016. Diresmikan sebagai Sampoerna Academy setelah tanggal ini.

Tidak, Sampoerna Academy tidak berafiliasi dengan PT HM Sampoerna Tbk.

KURIKULUM

Sebagai sekolah yang didirikan di Indonesia, Sampoerna Academy adalah sekolah bersertifikat Cambridge dan mengikuti kurikulum Cambridge. Selanjutnya, SA memperkaya konten dengan STEAM dan kurikulum lain yang diakui secara internasional. Di sisi lain, kurikulum SA juga sejalan dengan Kurikulum Nasional (2013).

Untuk memastikan anak Anda mengembangkan empat keterampilan penting di abad 21: pemikiran kritis, kolaborasi, kreativitas, dan komunikasi, Sampoerna Academy mengadopsi:
o Pendekatan seperti Montessori untuk tingkat Pra-TK dan Taman Kanak-kanak
o Kurikulum Cambridge untuk tingkat SD sampai Sekolah Menengah
o Bahasa Inggris sebagai bahasa pengajaran
o Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dan pendekatan STEAM dari Amerika
o Kandidat sekolah IB DP *

Sampoerna Academy - Kampus Jakarta adalah sekolah kandidasi* untuk Diploma Programme. Sekolah ini mengejar otorisasi sebagai IB World School. IB World Schools memiliki filosofi yang sama - sebuah komitmen terhadap pendidikan internasional berkualitas tinggi dan menantang - yang kami percaya penting bagi siswa kami.
* Hanya sekolah yang diberi wewenang oleh Organisasi IB yang dapat menawarkan salah satu dari empat program akademisnya: Primary Years Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP), Diploma Programme (DP), atau Career-related Programme (CP). Status kandidasi tidak memberikan jaminan bahwa otorisasi akan diberikan.

Perbedaan tidak hanya terletak pada apa yang kami ajarkan, tetapi juga bagaimana cara kami mengajar. Kami percaya bahwa siswa akan berpengetahuan luas dengan pengalaman dalam berbagai aktivitas dan keterampilan sosial yang lebih baik adalah cara untuk pergi. Dengan munculnya era dimana informasi tersedia di ujung jari, tugas kami sebagai sekolah adalah mengajarka siswa kami untuk "mempelajari cara belajar". Konsep diajarkan sebagai pengetahuan yang lebih dalam daripada metode menghafal.

Anak Anda akan belajar menggunakan keterampilan abad ke-21 melalui:
o Pembelajaran berbasis pertanyaan
o Pembelajaran berbasis masalah
o Pembelajaran berbasis proyek,
o Pendekatan STEAM
o Pembelajaran yang dipersonalisasi
 
 Untuk memfasilitasi kegiatan langsung, guru kami akan merangkul teknologi baru, seperti:
o iPad
o Chromebook
o MacBook Pro
o MakeyMakey
o Sphero
o LittleBits
o LEGO Mindstorms
o Arduino

Ya. Sampoerna Academy adalah sekolah internasional yang menggabungkan kurikulum nasional dan program internasional. Kami adalah sekolah SPK yang memiliki persyaratan hukum yang menggunakan Kurikulum Internasional sesuai dengan Standar Nasional.

Seperti yang dijelaskan di seluruh dokumen ini, prestasi siswa diprioritaskan di Sampoerna Academy. Guru-guru kami menerapkan pengajaran lebih dalam dengan siswa di kelas. Beberapa metode atau pendekatan pengajaran kami dijelaskan dalam dokumen ini. Selain itu, kami menggunakan berbagai penilaian untuk mengukur pemahaman siswa. Jika ada anak yang tertinggal, guru dapat menerapkan beberapa intervensi, termasuk namun tidak terbatas pada kerja kelompok, tutorial di kelas atau setelah kelas, bimbingan dari sebaya-nya, dan tak kalah penting juga bagi orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka. Guru berkomunikasi terbuka dengan siswa secara langsung atau melalui portal online yang mereka gunakan. Oleh karena itu, permintaan dukungan tambahan ini bisa berasal dari siswa dan / atau orang tua juga.

Di sisi lain, administrator kami terus berkomunikasi dengan para guru. Guru wali kelas (mentor) juga mengawasi pembelajaran siswa di semua bidang studi mereka.

Pastilah orang tua akan memikirkan ujian - ujian IGCSE, UN, atau ujian penting lainnya. Meskipun kami bukan mengajar hanya untuk ujian, kami ingin siswa kami sukses dalam ujian tersebut. Siswa hanya perlu revisi dan latihan sederhana sebelum ujian karena mereka telah menguasai konten melalui pelajaran. Sampoerna Academy menerapkan ujian percobaan, pembelajaran mendalam di bulan terakhir mereka untuk ujian, solusi makalah sebelumnya, dll.

Sampoerna Academy mempekerjakan konselor untuk membantu siswa dalam memilih perguruan tinggi dan mendukung kesejahteraan psikologis mereka. Konselor kami yang bekerja dengan mentor kelas memberikan panduan bagi siswa dalam memilih jalur karir mereka. Orangtua juga berperan penting dalam keputusan ini.

Selain konselor sekolah kami, Sampoerna School System memiliki Student Parent Advisory Center (SPAC). Penasihat di pusat ini membantu orang tua dan siswa untuk memahami pilihan mereka di Universitas dan memilih jalur mereka sesuai dengan itu. Orangtua dipersilahkan untuk mengunjungi atau menjadwalkan pertemuan dengan SPAC kami kapan saja.

Pre-School:
Pre-Kindergarten: 08: 30 -12:00
Kindergarten 1 & 2: 08:15 -11: 30
Elementary School: 07:15 - 13:40
Middle School: 07:20 - 15:25
American College Program: 07:15 - 17:00

STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) adalah metode pembelajaran yang dirancang untuk mengintegrasikan ketrampilan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Pendekatan ini bertujuan untuk mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dengan menguasai prinsip teknik dan desain melalui pemecahan masalah dunia nyata sambil membangun kompetensi inti mereka.

Pre-School:
Pre-Kindergarten: 3 tahun pada tanggal 10 Oktober
Kindergarten 1: 4 tahun pada tanggal 10 Oktober
Kindergarten 2: 5 tahun pada tanggal 10 Oktober
Elementary School: 6 tahun pada tanggal 10 Oktober

Umur untuk kelas lain tergantung pada hasil tes masuk dan rapor sebelumnya.

Pelajaran Middle School untuk siswa kelas 7-8 dirancang untuk mempersiapkan mereka akan mata pelajaran IGCSE. Termasuk namun tidak terbatas pada Bahasa dan Sastra Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan, Humaniora, Bahasa Indonesia, Seni, Musik, PE, Mandarin.

Kelas 9 dan 10 diberikan mata pelajaran IGCSE. Mereka diberikan 5 mata pelajaran per tahun dan diminta untuk mengikuti setidaknya 6 ujian dalam dua tahun. Jurusan High School akan dibagi dengan orang tua di kuartal 3 AY 17-18. Mata pelajaran tersebut dijelaskan di bawah ini.

Kelas 9: Bahasa Inggris, Matematika lanjutan, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Global Perspectives adalah mata kuliah yang ditawarkan. Karena beratnya ugas portofolio Global Perspectives, guru kami mencari opsi untuk memperpanjang mata pelajaran ini menjadi dua tahun. Mereka dapat mengerjakan konten mereka selama Grade 9 namun harus menyelesaikan portofolio mereka di Grade 10. Ini akan ditentukan dengan melihat kemajuan siswa pada bulan Februari 2018.

Kelas 10: Sastra Inggris dan Matematika Tambahan sangat dianjurkan (hampir diperlukan) untuk semua siswa jika mereka ingin melanjutkan salah satu program IB DP, A-Level, atau AC. Tambahan tiga pilihan lagi akan ditawarkan kepada siswa. Mata pelajaran berikut adalah beberapa penawaran yang bisa diambil. Untuk kohort yang ada di Jakarta, kami merencanakan untuk membuka setiap mata pelajaran dengan setidaknya 4 siswa. Subjek yang mungkin dibuka, selain Sastra dan Matematika Tambahan, adalah Kimia, Fisika, Ekonomi, Ilmu Pengetahuan Bisnis, Mandarin, TIK, Akuntansi, Geografi, dan Sejarah.

Seperti disebutkan di atas, siswa kelas 9 saat ini akan diberi pilihan ini selama kuartal ke-3 AY.

IB Diploma diperuntukkan bagi siswa berusia 16-18 tahun dan tidak memerlukan kelas persiapan khusus, sehingga dapat dilakukan langsung dari IGCSEs. IB Diploma menawarkan kurikulum yang luas yang terdiri dari enam kelompok subjek - siswa biasanya belajar tiga subjek di tingkat yang lebih tinggi dan tiga di tingkat standar.

Tujuan utama DP Core adalah untuk memperluas pengalaman pendidikan siswa dan menantang penerapan pengetahuan dan keterampilan mereka. The Theory of Knowledge mengharuskan siswa untuk merenungkan karakter pengetahuan; Community, Action, Service (CAS) mewajibkan siswa untuk mengikuti berbagai kegiatan dan project seperti musik, olahraga atau penggalangan dana; sedangkan Extended Essay adalah bagian penelitian independen, yang berpuncak pada makalah 4.000 kata level universitas.

Lulusan IB DP telah memenangkan berbagai penghargaan universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia. Setiap universitas di Inggris sekarang menerima Diploma Baccalaureate Internasional, dan para siswa secara rutin masuk ke institusi teratas termasuk Imperial, UCL, LSE, dan juga banyak di dalam Russell Group. Di AS dan Kanada, IBDP dan Course Certificates (Higher Level) semakin dikenal, dengan banyaknya universitas memberikan kredit atau penempatan lanjutan hingga satu tahun untuk siswa.

A-level (Advanced level) adalah kurikulum nasional sekolah Inggris yang diambil oleh banyak siswa di Inggris. Siswa biasanya memilih tiga atau empat mata pelajaran, dan membutuhkan waktu dua tahun untuk belajar A-level ini antara usia 16 dan 18 tahun.

Link berikut menjelaskan perbandingan yang baik untuk IB DP dan A-Levels:

https://www.timeshighereducation.com/student/news/international-baccalaureate-versus-a-levels#survey-answer

http://www.stclares.ac.uk/blog/international-baccalaureate/ib-v-level/


 Sampoerna Academy Jakarta berencana hanya akan menawarkan program IB DP untuk siswa, tidak ada A Levels dengan alasan seperti yang tersebut dalam artikel di atas.

Program American College sedikit berbeda dari dua program sebelumnya.
Mulai dari kelas 11, siswa yang memenuhi persyaratan dapat menjalani program American College kami di mana mereka dapat menempuh pendidikan yang setara dengan dua tahun pertama di universitas Amerika.
Program ini dapat mengarah ke American Bachelor's Degree, hingga dua tahun lebih awal dari jalur konvensional. Siswa memperoleh kredit SACS American College yang terakreditasi melalui mitra AS kami selama masa High School mereka. Kredit ini dapat dipindahtangankan ke universitas Amerika sesuai dengan kriteria masing-masing universitas. Beberapa bisa diterima oleh universitas lain di negara lainnya juga.

Perbedaan utama American College dari dua program lainnya adalah bahwa siswa harus lulus ujian di akhir masa kuliah untuk IB dan A Level sementara di American College mereka memperoleh kredit perguruan tinggi selepas mereka menyelesaikan kuliah dengan hasil yang memuaskan.

Lulusan Sampoerna Academy dibekali dengan baik untuk masuk universitas manapun di negara manapun seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Singapura, Jepang, dan lain-lain.

IB DP dan A-Level adalah program tingkat lanjut yang dirancang untuk mempersiapkan siswa ke pendidikan tersier. Sebagian besar universitas di seluruh dunia menerima kredibilitas mereka dan bahkan memberi kredit kuliah ke program tersebut sesuai dengan hasil ujian. Guru kami menyampaikan isi program ini dan mempersiapkan siswa untuk ujian yang menantang. Penting untuk dicatat bahwa siswa yang menjalankan program ini akan lebih siap ke universitas daripada teman sebayanya, bahkan ketika mereka tidak mendapat nilai tinggi dalam ujian. Dasar dari kedua program ini adalah kursus IGCSE yang ditawarkan di kelas 9 dan 10. Siswa yang menyelesaikan kursus mereka dengan memuaskan mungkin akan berhasil mengikuti program IB DP atau A-Level.

Program American College (AC) menawarkan pemberian kredit kuliah untuk siswa berkualitas ketika mereka berada di High School. Seperti namanya, program ini lebih mengarah ke universitas AS, meskipun kreditnya dapat diterima oleh universitas di negara lain. Dengan mengikuti program ini, siswa dapat menyelesaikan universitas mereka dua tahun lebih awal dari pada teman sebayanya. AC memungkinkan mereka untuk mengambil hingga 60 kredit perguruan tinggi. Siswa harus memenuhi persyaratan kesetaraan dan kesiapan perguruan tinggi agar memenuhi syarat untuk mengikuti program ini.

Di sisi lain, siswa yang mengikuti salah satu program di atas juga berhak menerima ijazah SMA mereka setelah mengikuti ujian nasional. Sampoerna Academy adalah sekolah SPK sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan RI dan dapat menerbitkan ijazah Indonesia. Siswa dari negara lain tidak diharuskan menyelesaikan ujian nasional.

Sampoerna Schools System memiliki banyak MOU yang ditandatangani oleh universitas besar, yang kebanyakan adalah universitas Amerika. Perguruan tinggi tersebut menawarkan keuntungan yang berbeda. Yang paling penting dan relevan adalah mentransfer kredit dengan program American College. Beberapa universitas tersebut juga menawarkan diskon beasiswa atau uang kuliah di berbagai tingkatan. Tim SPAC kami dapat membantu orang tua yang berminat.

BIAYA

Silahkan hubungi Student Recruitment di:
(021) 50 2222 34 selama jam kerja
0813 3000 3002 untuk bantuan 24 jam

Tidak ada biaya bulanan tambahan selain biaya tahunan, yang bisa dibayarkan setiap tiga bulan atau bulanan.

Sampoerna Academy tidak membebankan biaya bangunan tambahan.

Ya, saudara lebih muda akan menerima pembebasan biaya 5%.

Kenaikan biaya ditetapkan oleh manajemen per tahun.

Semua biaya yang dikeluarkan untuk tahun ajaran tersebut akan diterapkan untuk semua siswa, terlepas dari status mereka dengan Sampoerna Academy.

FACILITIES DI L’AVENUE

Untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan mempersiapkan siswa untuk memenuhi kompetensi abad ke-21, Sampoerna Academy melengkapi setiap kelas dengan teknologi terkini, seperti iPad, Chromebook, MacBook Pro, MakeyMakey, LittleBits, Sphero, LEGO Mindstorms, Arduino, MimioTeach Interactive Whiteboard yang merangsang aktivitas kelompok dan individu serta media pendukung STEAM.

Ya, ada fasilitas olahraga seperti lapangan tenis dan kolam renang.

Ya, ada area makan outdoor serta kafetaria dalam ruangan.

Kebijakan parkir adalah kebijakan khusus dari pengelola gedung. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengenaan biaya parkir, silakan hubungi L'Avenue Building Management di sini.

 Keamanan tersedia di semua tingkat area Sampoerna Academy dan akan diawasi 24 jam per hari. Keamanan tetap aktif sepanjang hari, dan ditingkatkan saat pick-up / drop-off, istirahat, makan siang, dan jam olahraga.

Sampoerna Academy menyediakan keamanan yang lengkap seperti satpam dan kamera CCTV.

FASILITAS DI ICON

- Forum online
- Wi-Fi
- Fasilitas ICT
- Perangkat individual, seperti iPad, Chromebook, atau MacBook Pro
- Akses ke lembaga mitra eLibrary (untuk American College Program)

Kelas Kindergarten hanya membutuhkan satu guru. Pada usia 4 tahun, siswa diharapkan bisa mandiri. Tidak perlu asisten guru.

UNDUHAN 

Sampoerna Academy Brochure

Parent & Student Handbook 2016/17

Butuh Bantuan

Hubungi Kami

L’Avenue Office Tower
North Tower 6th Floor
Jl. Raya Pasar Minggu Kav.16
Jakarta Selatan 12780

Student Parent Advisory Center

Sampoerna University American College is committed to quality academic advising for all students.