Juni 5, 2022

Pengertian Subtropis, Ciri-ciri dan Efek Perubahan Iklim

subtropis adalah

Iklim terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari tropis, subtropis, sedang hingga iklim kutub yang ada di berbagai belahan negara dunia. Iklim subtropis adalah iklim yang memiliki musim berjumlah empat, di antaranya musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Masing-masing musim di wilayah iklim subtropis ini memiliki karakteristik tersendiri dan bermacam-macam.

Cakupan iklim termasuk dalam berbagai informasi seperti suhu, curah hujan, kelembaban hingga paparan sinar matahari. Gambaran mengenai karakteristik suatu musim dapat terlihat ketika berada di iklim normal. Karena iklim biasanya digunakan sebagai patokan cuaca suatu wilayah, digunakan sebagai prediksi kemunculan cuaca dalam suatu waktu tertentu.

Apa Itu Iklim Subtropis?

Terkenal dengan gejala fenomena alam yang sangat menakutkan, bahkan membuat ancaman bagi kelangsungan makhluk hidup di sekitaran.Iklim subtropis adalah bagian bumi yang letaknya berada di belahan utara dan selatan, adanya kawasan tropis yang memakai garis balik utara dan selatan sebagai batasan tepat pada titik 23,5 LU/LS.

Subtropis memiliki empat musim berbeda, diantaranya musim dingin, gugur, panas dan semi seperti yang disebutkan tadi dan ternyata ada hal menarik lain. Keempat musim ini memiliki karakteristik dan ciri berbeda. Beberapa di antaranya seperti suhu minimal dan maksimal, lalu kelembaban hingga kondisi makhluk yang mendiami wilayah tersebut.

Iklim subtropis mempunyai perbedaan cuaca yang terbilang ekstrem jika dilihat dari karakteristik yang ada, datangnya musim panas dan penghujan. Hal ini dikarenakan musim panas muncul kemarau yang amat sangat, sementara di musim dingin dengan intensitas hujan yang cenderung tinggi. Bahkan hawa di sekitaran daerah menjadi sangat dingin dan lembab.

Ciri-ciri Iklim Subtropis

Bench in a park in south korea

Ciri-ciri Iklim Subtropis Secara Umum

  • Adanya radiasi tinggi saat musim panas berbanding terbalik dengan radiasi rendah di musim dingin, kondisi yang sangat berbeda.
  • Siang hari cenderung lebih lama di musim panas ketimbang musim dingin dan kebalikannya saat musim dingin waktu di siang hari terasa lebih singkat.
  • Iklim subtropis memiliki tekanan udara cenderung besar ketimbang yang ada di iklim tropis, saat-saat tertentu disertai dengan angin daratan yang cukup kencang.
  • Kelembaban lebih rendah di subtropis, khususnya saat musim dingin dertai hujan salju dampak dari munculnya empat musim berbeda.
  • Jauh dari garis khatulistiwa, sinar matahari bagian utara juga berada di selatan dan saat musim dingin sinar matahari bahkan tak muncul.

Ciri-ciri Berdasarkan Musimnya

Seoul - april 10, 2016: gyeongbokgung palace with cherry blossom

  • Musim Semi

Musim semi dapat ditandai lewat letak matahari, posisinya cenderung berbeda dan menyebabkan adanya perbedaan suhu bumi. Belahan utara mengalami musim dingin mulai Marat hingga Juni, belahan selatan mulai September hingga Desember. Berikut beberapa ciri yang menjadi karakteristik dari musim semi.

  • Suhu berada dalam kondisi sedang mulai awal musim semi, masih terasa dingin sebelum memasuki peralihan musim dan suhu akan terasa lebih hangat.
  • Berbunganya tumbuhan dan tunas juga tumbuh, disebabkan karena hanya beberapa jenis tanaman dan tumbuhan yang bisa hidup di iklim subtropis.
  • Adaptasi tumbuhan dan di musim gugur dengan hanya merontokkan daun, hingga akhirnya suhu kembali saat musim semi datang dan berbunga kembali.

Woman take a photo at autumn in gyeongbokgung

  • Musim Gugur

Musim ini menjelajah wilayah bumi belahan utara dan selatan, musim gugur menjadi musim peralihan atau pergantian dari musim panas ke dingin. Sama seperti musim sebelumnya di atas, berikut ini beberapa ciri dan karakteristik dari musim gugur.

  • Menguap karena matahari menyentuh perairan di kerak bumi, muncul secara signifikan dan merupakan salah satu tanda musim gugur tiba.
  • Tumbuhan mulai layu dan terlihat kecoklatan, menjadi proses adaptasi dari beberapa tanaman yang sudah menjadi kebiasaan saat peralihan musim.
  • Kondisi menarik saat hawa panas dan dingin bercampur menjadi satu, kondisi panas menjadi tidak teratur begitu pula dengan dingin.

Baekyangsa temple

  • Musim Dingin

Pergantian musim dari gugur ke semi adalah musim dingin, mayoritas wilayah akan mengalami cuaca dingin. Beberapa wilayah di antaranya akan mengalami hujan salju, namun beberapa wilayah juga akan mengalami cuaca hangat saat musim dingin tiba. Berikut beberapa karakteristik dari musim dingin.

  • Munculnya gejala aurora, peristiwa munculnya cahaya yang menyala akibat adanya interaksi medan magnetik dan keterkaitan partikel matahari.
  • Tumbuhan dan tanaman gundul karena beberapa tumbuhan tak dapat bertahan hidup saat musim dingin tiba, adaptasi dilakukan dengan percobaan bunuh diri.
  • Untuk hewan biasanya akan melakukan hibernasi atau berdiam diri di suatu tempat dalam waktu cukup lama, sampai suhu udara kembali hangat atau normal.

Korean garden in the uni campus westend frankfurt

  • Musim Panas

    • Karakteristik musim panas ditandai dengan hewan yang cenderung aktif berada di luar sarang.
    • Suhu udara yang cenderung meningkat panas.
    • Bagian wilayah yang mengalami hujan cukup tinggi dan biasanya juga disertai badai.

Negara dengan Iklim Subtropis

  • Amerika Serikat
  • Eropa
  • Australia bagian selatan
  • Cile
  • Turki
  • Hongkong
  • Jepang
  • Korea Utara dan Selatan
  • Afrika Selatan
  • Mesir
  • Iran
  • Irak
  • Nepal
  • Tiongkok

Indonesia, Malaysia, Thailand atau Myanmar? Manakah dari negara-negara ASEAN berikut yang memiliki iklim subtropis. Jawabannya adalah Myanmar, negara ASEAN yang memiliki iklim subtropis, namun wilayah Myanmar terbagi menjadi dua iklim bagian selatan tropis dan utara subtropis. Kondisi ini dipengaruhi angin musim, meskipun Myanmar berada di sekitaran garis khatulistiwa.

Baca juga: Istilah Negara Maritim, Ciri dan Kegiatan Ekonominya

Bagaimana Flora di Iklim Subtropis?

Wilayah subtropis mengelilingi garis khatulistiwa dengan terletak di 23,27 derajat LU dan LS menjadi iklim subtropis panas dan lembab sepanjang tahun. Wilayah ini didiami banyak jenis tumbuhan, seperti pohon palem, mangga, jeruk, leci hingga alpukat adalah buah subtropis. Karena suhunya lembab maka vegetasi tumbuh-tumbuhan sebagian besar adalah semak-semak.

Pohon-pohon di wilayah subtropis selalu hijau dan memungkinkan bertahan hingga berbulan-bulan dengan cuaca hujan dan panas yang ideal serta konsisten. Iklim subtropis juga membantu spesies evergreen, karena selama berbulan-bulan musim panas relatif panjang disertai dengan curah hujan yang konsisten.

Bagaimana Fauna di Iklim Subtropis?

Hangat menjadi cuaca di wilayah iklim subtropis yang lembab, kondisi ini menciptakan habitat dan lingkungan yang ideal untuk beberapa jenis hewan. Termasuk jenis hewan amfibi, mamalia hingga beberapa jenis reptil. Hewan-hewan kucing besar juga bisa ditemui di wilayah dengan iklim ini, seperti macan kumbang, selain itu juga ada buaya dan rusa.

Di Amerika Serikat, reptil seperti aligator membutuhkan iklim subtropis yang lembab untuk memungkinkan mendapatkan kehangatan. Bahkan karena iklim subtropis, membuat aligator tersamarkan bahkan terhindari dari pemangsa lain. Beberapa jenis burung juga ditemukan di iklim subtropis, seperti burung elang.

Efek Perubahan Iklim Di Wilayah Beriklim Subtropis

Adanya perubahan iklim justru menimbulkan ancaman, salah satunya pada stabilitas bentuk kehidupan yang ada di wilayah subtropis lembab. Kemungkinan munculnya gelombang panas dan badai besar bakal memengaruhi taraf hidup semua makhluk hidup yang ada di wilayah dengan iklim subtropis.

Peningkatan panas misalnya, bisa berpengaruh buruk pada tumbuhan dan tanaman termasuk beberapa jenis tertentu. Produksi jagung misalnya, kondisi cuaca panas tinggi mampu membuat produksi jagung menurun karena adanya perubahan iklim secara spesifik. Panas tinggi dapat mengancam kondisi kehidupan serbuk sari dan mengakibatkan munculnya penyakit hama.

Wilayah yang rentan dan sudah terbukti terdampak pemanasan adalah belahan bumi utara jika dibandingkan dengan wilayah selatan. Makhluk hidup di Amerika Serikat bagian Tenggara terancam terdampak dari adanya peningkatan suhu. Perubahan suhu juga membuat adanya ancaman penyakit mematikan, karena sulit membuat dingin tubuh.

Demikian penjelasan mengenai iklim subtropis, mulai dari pengertian, ciri-ciri hingga efek yang muncul dari adanya perubahan iklim subtropis. Para siswa Sampoerna Academy tak hanya dibekali dengan ilmu pengetahuan secara teori di dalam kelas, tetapi dalam beberapa mata pelajaran tertentu akan diajak untuk mempraktekkan bersama di kelas.

Sampoerna Academy menerapkan kurikulum berstandar internasional, membuat para siswa mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi berkesempatan untuk mencicipi rasanya belajar di luar negeri dengan kerjasama antar sekolah. Sampoerna Academy juga menyediakan fasilitas lengkap bagi para siswa guna menunjang sistem pembelajaran yang efektif.

Referensi
Wikipedia – Subtropis adalah