Oktober 3, 2022

Kenali Kurikulum IGCSE Sampoerna Academy & Keuntungannya

igcse

Bagi para peserta didik yang ingin memiliki latar belakang lulusan luar negeri dengan melanjutkan studi di luar negeri, mengambil kurikulum IGCSE adalah hal yang diperlukan. 

Sebagai sekolah dengan kurikulum internasional, Sampoerna Academy mempersiapkan peserta didik untuk menjadi lulusan yang berkualitas dengan program-program unggulan, salah satunya yaitu kurikulum IGCSE

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kurikulum ini yang terdapat di Sampoerna Academy, mari mengetahui pengertian, konsep, tujuan, manfaat, dan lain sebagainya mengenai kurikulum tersebut.

Apa Itu IGCSE?

IGCSE adalah singkatan dari International General Certificate of Secondary School. IGCSE merupakan sebuah kurikulum Cambridge berstandar internasional yang sangat populer di dunia pendidikan. Kurikulum ini diperuntukkan bagi peserta didik dengan usia 14 – 16 tahun, yang mengarah pada kualifikasi Cambridge IGCSE. Artinya, IGCSE adalah bagian dari tahap Cambridge Secondary 2.

Hampir seluruh sekolah di dunia telah mengikuti perkembangan dari kurikulum Cambridge IGCSE, salah satunya yaitu Sampoerna Academy. Hal ini dikembangankan beriringan dengan kebutuhan dan secara teratur diperbarui dan diperluas.

Konsep IGCSE

igcse

Kurikulum ini mendorong proses pembelajaran yang berfokus pada peserta didik dengan mengembangkan keterampilan dalam berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan eksplorasi.

Setiap sekolah dapat memperluas kurikulum ini agar sesuai dengan pembelajaran dengan memperkenalkan perspektif interdisipliner. Cambridge IGCSE sangat kompatibel dengan kurikulum lain, peka terhadap kebutuhan budaya yang berbeda, dan relevan secara internasional.

Kurikulum ini berusaha mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan peserta didik dalam beberapa hal, yaitu:

  • Konten subjek
  • Mengimplementasikan pengetahuan dan pemahaman untuk situasi yang akrab dan baru
  • Eksplorasi intelektual
  • Fleksibilitas dan daya tanggap untuk berubah
  • Belajar dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris
  • Mempengaruhi hasil
  • Kesadaran budaya

Cambridge IGCSE diakui dan sangat bermanfaat bagi universitas dan perusahaan di seluruh dunia. Banyak universitas seluruh dunia membutuhkan kombinasi A Level dan IGCSE untuk memenuhi persyaratan masuk ke institusi mereka.

Tujuan IGCSE

Kurikulum IGCSE menawarkan berbagai jalur bagi peserta didik dengan berbagai macam keahlian, termasuk bagi mereka yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Kurikulum ini membantu sekolah membangun standar yang sesuai dengan kebutuhan, antara lain: 

  1. Mulai dari mata pelajaran inti, IGCSE mudah untuk ditambahkan perspektif yang luas dan lintas kurikulum 
  2. Mendorong peserta didik untuk ikut serta dalam berbagai mata pelajaran
  3. Menjalin hubungan pada setiap mata pelajaran

Tujuan untuk Sekolah

Untuk sekolah, Cambridge IGCSE menawarkan kurikulum yang fleksibel dan stimulus, dengan dukungan dengan sumber daya dan pelatihan yang unggul.

Tujuan untuk Peserta Didik

Untuk peserta didik, Cambridge IGCSE membantu meningkatkan performa dengan mengembangkan keahlian dengan pikiran, pertanyaan, dan pemecahan masalah yang kreatif. IGCSE adalah batu loncatan terbaik untuk pembelajaran tingkat lanjut.

Adapun lebih dari 70 mata pelajaran yang ada pada kurikulum ini, termasuk 30 bahasa dan sekolah dapat menawarkan dalam bentuk kombinasi apa pun. 

Manfaat IGCSE

kurikulum igcse

Sekolah-sekolah di seluruh dunia telah berpartisipasi dalam pengembangan Cambridge IGCSE. Silabus yang digunakan berstandar internasional dan tetap relevan secara lokal. Silabus dibuat khusus untuk institusi peserta didik internasional dan menghindari bias budaya.

Kurikulum ini merupakan gerbang pendidikan tinggi atau studi profesional di negara asal atau di luar negeri, berikut adalah manfaatnya:

  • Mendapatkan tempat di perguruan tinggi atau universitas di negara asal atau di luar negeri
  • Mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik
  • Lulus tes bahasa untuk bermigrasi atau belajar di negara lain
  • Mengembangkan keahlian yang dapat membantu menjalani kehidupan yang lebih baik

Sertifikat IGCSE

Dalam mempelajari kurikulum IGCSE, tentunya kamu akan mendapatkan sertifikatnya sendiri. Namun, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu, seperti mengikuti ujiannya. 

Ujian ini biasanya diselenggarakan pada bulan Februari, Mei, dan Oktober, atau sesuai kebijakan masing-masing dari negara penyelenggara. Hasil dari ujian tersebut dirilis masing-masing pada Mei, Agustus, dan Januari.

Penilaian dalam Sertifikat IGCSE

Penilaian ini dilakukan oleh ICE (International Certificate of Education). Dewan ujian Cambridge tersebut mengklasifikasikan kelompok untuk kandidat yang mencapai 7 mata pelajaran lulus A-C, adalah sebagai berikut.

  • Kelompok I: Languages
  • Kelompok II: Humanities and Social Sciences
  • Kelompok III: Sciences
  • Kelompok IV: Mathematics
  • Kelompok V: Creative, Technical, and Vocational

ICE diberikan dalam tiga tingkatan, yaitu distinction, merit, dan pass. Komposisi tersebut memerlukan dua pass dalam kelompok Languages dan satu pass di setiap kelompok lain. Sementara itu, subjek ketujuh berada di grup mana saja untuk memenuhi syarat lulus sertifikat.

Untuk memberikan penghargaan pada kandidat teratas dengan pencapaian tertinggi, Cambridge memberikan penghargaan “Outstanding Achievement Awards” dengan kategori “Top in Country”, dan “Top in World” untuk masing-masing mata pelajaran.

Kurikulum IGCSE di Sampoerna Academy

Melalui kurikulum STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) yang ketat dan menarik, kurikulum Sekolah Menengah Sampoerna Academy secara efektif mempersiapkan peserta didik untuk ujian mata pelajaran Cambridge IGCSE pada kelas 9 dan 10 dan Ujian Nasional kelas 9.

Kurikulum Sekolah Menengah Sampoerna Academy juga memungkinkan peserta didik yang memilih untuk melanjutkan pendidikan universitas di Australia atau universitas lain di negara Persemakmuran, untuk melanjutkan dengan kurikulum Cambridge IGCSE atau O-Level dan A-Level.

Akreditasi A-Level tidak menghalangi peserta didik untuk berpindah kursus dan memilih untuk melanjutkan studi dengan American Stream. Peserta didik masih dapat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi Amerika seperti Scholastic Aptitude Test (SAT), kapan saja selama mengambil A-Level dan memasuki American Stream yang mengarah ke Gelar Sarjana Amerika.

Kesimpulan

Jika kamu menginginkan kualifikasi yang bisa membuka akses ke seluruh dunia, mengambil kurikulum IGCSE adalah pilihannya. Sebagai salah satu sekolah terkemuka di Indonesia dengan standar internasional, Sampoerna Academy memberikan peluang tersebut bagi para peserta didik yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri.

Tidak hanya itu, Sampoerna Academy juga memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk ruang kelas yang terintegrasi dengan teknologi yang dirancang khusus untuk mendukung metode pembelajaran yang dipersonalisasi dan berbasis STEAM. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, dan informasi seputar Sampoerna Academy silakan mengunjungi laman website, di sini.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna Academy silakan mengisi data di bawah ini.

[formidable id=7]

Referensi

Cambridge