STEAM Expo 2025: Ajang Inovasi dan Kreativitas Siswa Sampoerna Academy di Bidang Sains dan Teknologi

Feb 26, 2025 by Admin

STEAM Expo adalah acara tahunan yang diselenggarakan sebagai hasil pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di seluruh sekolah Sampoerna Academy. Melalui acara ini, siswa-siswi akan menampilkan hasil karyanya. STEAM Expo 2025 sendiri bertema “Rethink, Recycle, Innovative”.

STEAM Expo 2025 berlangsung pada 21-22 Februari di seluruh kampus Sampoerna Academy, termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, BSD, dan Sentul. Artikel ini akan membahasnya lebih lengkap!

Key Takeaways

  • STEAM Expo adalah acara tahunan Sampoerna Academy untuk menampilkan hasil karya inovatif siswa dan siswi internal sebagai hasil pembelajaran berbasis STEAM.
  • Acara STEAM Expo 2025 yang hadir pada tanggal 21-22 Februari 2025 berfokus pada inovasi teknologi hijau dan berkelanjutan.
  • Ada 64 karya inovatif siswa-siswi Sampoerna Academy mulai dari Early Years sampai Senior High School yang dipamerkan dan dipresentasikan di STEAM Expo tahun ini.

Sampoerna Academy dan Metodologi STEAM

Sampoerna Academy adalah institusi pendidikan berkelas dunia yang menjadi pioner pembelajaran berbasis STEAM di Indonesia. Model pendidikan ini menekankan pada kolaborasi dan pembelajaran yang dipersonalisasi (personalized learning). Secara berkelompok, siswa melakukan penyelidikan berdasarkan minat mereka.

Dalam pembelajaran berbasis STEAM, siswa akan menyelesaikan masalah yang berorientasi pada kehidupan nyata. Mereka akan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, menganalisis dan mengintegrasikannya, lalu menarik pemahaman dari hasil tersebut.

Penerapan STEAM dalam pembelajaran dapat membentuk global innovator yang mampu menghadapi berbagai tantangan dunia. Hal tersebut lantaran manfaat dan keunggulan sistem pendidikan STEAM berikut ini.

  • STEAM merupakan pendekatan yang mendorong serta membantu siswa menerapkan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu, sehingga membentuk pola pikir yang holistik.
  • Selain itu, model pembelajaran STEAM memungkinkan siswa menjadi inovator dan problem solver untuk menghadapi tantangan global di masa depan, salah satunya berkaitan dengan masalah ekosistem hijau dan keberlanjutan.
  • Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa Universitas Negeri Semarang, STEAM berbasis masalah dan proyek bisa membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui proses berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

STEAM Expo 2025 di Sampoerna Academy BSD

IMG_6565_11zon.webp 455.55 KB

Di Sampoerna Academy, pembelajaran tidak hanya terbatas pada buku teks. Siswa didorong untuk mengeksplorasi, bereksperimen, dan mengembangkan solusi nyata yang berguna bagi masa depan melalui pembelajaran STEAM.

Pada tahun 2025, Sampoerna Academy BSD menyelenggarakan STEAM Expo yang berfokus pada inovasi teknologi hijau dan berkelanjutan. Acara ini melibatkan seluruh siswa, mulai dari Early Years hingga Senior High School sebagai pesertanya.

STEAM Expo 2025 menampilkan 64 proyek inovatif hasil karya siswa dari berbagai grade. Mereka bekerja dalam kelompok untuk merancang dan mengembangkan proyek, lalu mempresentasikan hasilnya kepada pengunjung yang datang. Acaranya open house, sehingga siapapun bisa datang dan melihat pameran karya siswa.

Hal-hal menarik yang bisa Anda lihat di STEAM Expo yaitu sebagai berikut.

  • Students’ project exhibition: Tujuan utama dari STEAM Expo adalah pameran proyek karya siswa sebagai hasil pembelajaran STEAM. Di tahun 2025, semua proyek siswa berfokus pada ekosistem hijau dan berkelanjutan.
  • Student presentation: Tidak hanya memamerkan, siswa akan mempresentasikan hasil karyanya kepada pengunjung yang datang. Ini bisa menjadi kesempatan bagi mereka untuk mengasah keterampilan public speaking dan komunikasi.
  • Science demo: Setelah mempresentasikan hasil karya pada pengunjung, siswa akan mendemonstrasikannya secara langsung saat pameran.
  • Battle of Champions (BOC): Sambil menunggu keputusan juri, siswa akan berkompetisi untuk menjawab berbagai pertanyaan dari berbagai bidang, seperti sains, matematika, ELAR (English Language Arts and Reading), dan pengetahuan umum.
  • Awarding for best project: Setelah sesi penjurian, para juri akan mengumumkan tim dengan proyek terbaik yang berhak menerima penghargaan.

Dukung Masa Depan Anak Melalui STEAM dari Sampoerna Academy!

Melalui STEAM Expo 2025, Sampoerna Academy membuktikan bahwa pembelajaran berbasis STEAM mampu mengasah pemikiran kritis, kreativitas, dan keterampilan pemecahan masalah oleh siswa. Selain itu, tema tahun ini yaitu “Rethink, Recycle, Innovative” mampu menumbuhkan kepedulian lingkungan.

Jika Anda ingin memberikan pendidikan terbaik yang mendorong inovasi dan kolaborasi, Sampoerna Academy BSD adalah pilihan yang tepat. Selain kampus BSD, ada juga kampus Jakarta, Surabaya, Sentul, dan Medan. 

Mari bergabung dan dukung anak menjadi inovator masa depan melalui pembelajaran STEAM. Hubungi tim kami sekarang juga untuk informasi pendaftarannya! 

Daftar Sekarang

Tim kami akan menghubungi Anda setelah Anda mengirimkan formulir.

*
Note Wa