• TENTANG
    • TENTANG KAMI
    • METODE PENGAJARAN
    • PIMPINAN
    • KEKUATAN SISTEM TERPADU
    • SA IN NUMBERS
    • KONTAK
  • SEKOLAH
    • PRA-SEKOLAH
    • SEKOLAH DASAR
    • SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA
    • SEKOLAH MENENGAH ATAS
  • KAMPUS
    • KAMPUS L’AVENUE
    • KAMPUS BSD
    • KAMPUS MEDAN
    • KAMPUS SENTUL
    • KAMPUS SURABAYA
    • TUR VIRTUAL
      • L’AVENUE
      • BSD
      • SENTUL
      • MEDAN
      • SURABAYA PAKUWON INDAH
      • SURABAYA GRAND PAKUWON
  • ADMISI
    • ADMISI SAMPOERNA ACADEMY
    • CARA MENDAFTAR
    • JADWALKAN KUNJUNGAN
  • BERITA
    • BERITA
    • ACARA
  • STEAM
  • ONLINE LEARNING
  • BAHASA INDONESIA
    • BAHASA INDONESIA
    • ENGLISH
Sampoerna Academy
  • TENTANG
    • TENTANG KAMI
    • METODE PENGAJARAN
    • PIMPINAN
    • KEKUATAN SISTEM TERPADU
    • SA IN NUMBERS
    • KONTAK
  • SEKOLAH
    • PRA-SEKOLAH
    • SEKOLAH DASAR
    • SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA
    • SEKOLAH MENENGAH ATAS
  • KAMPUS
    • KAMPUS L’AVENUE
    • KAMPUS BSD
    • KAMPUS MEDAN
    • KAMPUS SENTUL
    • KAMPUS SURABAYA
    • TUR VIRTUAL
      • L’AVENUE
      • BSD
      • SENTUL
      • MEDAN
      • SURABAYA PAKUWON INDAH
      • SURABAYA GRAND PAKUWON
  • ADMISI
    • ADMISI SAMPOERNA ACADEMY
    • CARA MENDAFTAR
    • JADWALKAN KUNJUNGAN
  • BERITA
    • BERITA
    • ACARA
  • STEAM
  • ONLINE LEARNING
  • BAHASA INDONESIA
    • BAHASA INDONESIA
    • ENGLISH
Sampoerna Academy > 5 Contoh Game Based Learning yang Bisa Dicoba Dalam Kelas

5 Contoh Game Based Learning yang Bisa Dicoba Dalam Kelas

access_timeDecember 7, 2022
perm_identity Posted by SEO Management
folder_open Artikel
5 Contoh Game Based Learning yang Bisa Dicoba Dalam Kelas

Game-based learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan permainan dengan materi pelajaran. Metode ini sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Di Sampoerna Academy, kami percaya bahwa menggunakan game-based learning dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa. Di artikel ini kamu akan melihat beberapa contoh dari game based learning yang sering digunakan.

Game-based learning dapat digunakan untuk berbagai mata pelajaran seperti matematika, sains, sosial, dan bahasa. Contohnya, dengan menggunakan permainan Quizlet, siswa dapat belajar kosakata dan konsep-konsep dengan lebih menyenangkan. Minecraft: Education Edition juga merupakan contoh game yang dapat digunakan untuk belajar matematika, sains, sosial, dan bahasa.

Selain itu, game-based learning juga dapat digunakan untuk membantu siswa belajar keterampilan seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis. Contohnya, dengan menggunakan permainan DragonBox, siswa dapat belajar aljabar dengan lebih menyenangkan. Duolingo juga merupakan contoh game yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar bahasa baru.

Dengan menggabungkan game-based learning dengan metode pembelajaran tradisional, kami di Sampoerna Academy yakin dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa. Game based learning dapat meningkatkan motivasi siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak dengan baik, berikut adalah 5 contoh game-based learning yang bisa dicoba dalam kelas:

Educandy - Making Learning Sweeter! Create and share your own games!

1. Educandy

Educandy adalah sebuah platform game-based learning yang digunakan untuk membantu siswa belajar dengan cara yang menyenangkan. Platform ini menyediakan berbagai macam permainan yang dirancang khusus untuk membantu siswa belajar konsep-konsep dalam berbagai mata pelajaran seperti matematika, sains, bahasa, dan sosial. Educandy juga menyediakan fitur yang memungkinkan guru untuk mengikuti progres siswa dan memberikan umpan balik yang tepat.

Educandy menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Beberapa permainan yang tersedia pada Educandy dapat digunakan untuk membantu siswa belajar keterampilan seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis.

Di Sampoerna Academy, kami percaya bahwa menggunakan Educandy dapat membantu siswa belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif. Kami juga percaya bahwa dengan menggabungkan Educandy dengan metode pembelajaran tradisional, dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan efektif bagi siswa.

Game Edukasi Wordwall, Solusi Mengatasi Kejenuhan dalam Pembelajaran

2. Wordwall

Wordwall adalah sebuah platform game-based learning yang digunakan untuk membantu siswa belajar kosakata dan memperkuat keterampilan bahasa. Platform ini menyediakan berbagai macam permainan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara dalam berbagai bahasa. Wordwall juga menyediakan fitur yang memungkinkan guru untuk mengikuti progres siswa dan memberikan umpan balik yang tepat.

Wordwall menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Beberapa permainan yang tersedia pada Wordwall dapat digunakan untuk membantu siswa belajar keterampilan seperti memahami teks, mengeja, dan menyusun kalimat.

Di Sampoerna Academy, kami percaya bahwa menggunakan Wordwall dapat membantu siswa belajar bahasa dengan lebih menyenangkan dan efektif. Kami juga percaya bahwa dengan menggabungkan Wordwall dengan metode pembelajaran tradisional, dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan efektif bagi siswa dalam belajar bahasa.

Marbel Belajar Budaya Nusantara

3. Marbel Budaya Nusantara

Marbel Budaya Nusantara adalah sebuah game-based learning yang digunakan untuk membantu siswa belajar tentang budaya di Nusantara. Game ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang kekayaan budaya di Indonesia dan negara-negara tetangga. Game ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek budaya seperti tarian, musik, seni, makanan dan bahasa.

Marbel Budaya Nusantara menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Game ini dapat digunakan untuk membantu siswa belajar keterampilan seperti pemecahan masalah, komunikasi, dan kerja sama.

Di Sampoerna Academy, kami percaya bahwa menggunakan Marbel Budaya Nusantara dapat membantu siswa belajar tentang budaya di Nusantara dengan lebih menyenangkan dan efektif. Kami juga percaya bahwa dengan menggabungkan Marbel Budaya Nusantara dengan metode pembelajaran tradisional, dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan efektif bagi siswa dalam belajar tentang budaya di Nusantara.

Khan Academy Kids

4. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids adalah sebuah aplikasi game-based learning yang ditujukan untuk anak-anak. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam permainan dan aktivitas yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar tentang matematika, sains, bahasa, dan sosial. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan orang tua dan guru untuk mengikuti progres anak-anak dan memberikan umpan balik yang tepat.

Khan Academy Kids yang merupakan contoh dari game based learning menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, yang dapat meningkatkan motivasi anak-anak dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Beberapa permainan yang tersedia pada aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu anak-anak belajar keterampilan seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis.

Di Sampoerna Academy, kami percaya bahwa menggunakan Khan Academy Kids dapat membantu anak-anak belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif. Kami juga percaya bahwa dengan menggabungkan Khan Academy Kids dengan metode pembelajaran tradisional, dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan efektif bagi anak-anak.

Minecraft : Education Edition

5. Minecraft: Education Edition

Minecraft: Education Edition adalah versi dari popularitas permainan Minecraft yang dirancang khusus untuk pendidikan. Contoh dari game based learning ini menyediakan lingkungan virtual yang dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk belajar tentang berbagai mata pelajaran seperti matematika, sains, sosial, dan bahasa.

Minecraft: Education Edition menyediakan berbagai macam aktivitas yang dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk membantu siswa belajar konsep-konsep yang diperlukan dalam mata pelajaran tersebut. Contohnya, siswa dapat belajar tentang geometri dengan membuat bangunan-bangunan dalam permainan, atau belajar tentang ekosistem dengan membuat taman-taman hidup.

Platform ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan guru untuk mengikuti progres siswa dan memberikan umpan balik yang tepat. Game ini dapat digunakan untuk membantu siswa belajar keterampilan seperti pemecahan masalah, kerja sama, komunikasi dan kreativitas.

Di Sampoerna Academy, kami percaya bahwa menggunakan Minecraft: Education Edition dapat membantu siswa belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif. Kami juga percaya bahwa dengan menggabungkan Minecraft dengan metode pembelajaran tradisional, dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih komprehensif dan efektif bagi siswa.

Game ini dapat membuat siswa lebih bersemangat untuk belajar dan meningkatkan pemahaman konsep yang diperlukan dalam mata pelajaran yang berbeda. Oleh karena itu, kami di Sampoerna Academy sangat menyarankan untuk mencoba menggunakan Minecraft: Education Edition dalam proses pembelajaran.

Di Sampoerna Academy, kami percaya bahwa menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan menarik bagi siswa. 

Kami menggabungkan metode tradisional dengan game-based learning, STEAM dan metode pembelajaran lainnya untuk menciptakan pengalaman belajar yang komprehensif dan efektif bagi siswa.

Kami juga menyediakan fasilitas yang memadai dan tenaga pendidik yang handal, yang akan membantu siswa dalam perjalanan belajar mereka.

 Jika Anda tertarik untuk belajar di Sampoerna Academy dengan metode yang menyenangkan, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran atau jadwalkan kunjungan ke Sampoerna Academy di kotamu.

Informasi lainnya dapat ditanyakan melalui form dibawah ini.

Article Form

Artikel menarik lainnya:

  • Fleksibilitas & Aksesibilitas Sebagai Keunggulan Sekolah Online
  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Pembelajaran Online
  • Contoh proyek STEAM yang Dapat Dilakukan di Sekolah Online
Newer 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing Gratis Untuk Anak
Older 5 Ide Kelas Online Untuk Anak Agar Belajar Makin Seru!

Recent Post

  • Ketahui Perbedaan Antara ACP, IB dan A-Level
  • Kesiapan Sampoerna Academy Hadapi Pendidikan Era Society 5.0
  • Membangun Kecerdasan Emosional dan Intelektual pada Anak
  • Pentingnya Mengembangkan Keterampilan Sosial pada Anak
  • Manfaat Bimbingan Karir dan Universitas Bagi Remaja
  • February 2023
  • January 2023
  • December 2022
  • November 2022
  • October 2022
  • September 2022
  • August 2022
  • July 2022
  • June 2022
  • May 2022
  • April 2022
  • March 2022
  • February 2022
  • January 2022
  • December 2021
  • November 2021
  • October 2021
  • August 2021
  • March 2021
  • January 2021
  • July 2020
  • May 2020
  • April 2020
  • October 2019
  • April 2019
  • March 2019
  • October 2018
  • September 2018
  • July 2018
  • May 2018
  • April 2018
  • March 2018
  • August 2017

Sampoerna Academy (PT. Sekolah Sampoerna Internasional) is an International school that upholds Asian values at the forefront of learning.

  • location_on
    L'AVENUE OFFICE LT.3 JLN RAYA PASAR MINGGU KAV 16. RT.007 RW 009 PANCORAN SOUTH JAKARTA 12780
  • phone_android
    0813 3000 3002
sampoerna-schools-system sampoerna-university sampoerna-academy
Tautan Cepat
  • Beranda
  • Tentang
  • FAQ
  • Kontak
  • Karir
  • Kebijakan Privasi
Terhubung dengan Kami
  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Accredited By:

© 2022 Sampoerna Academy. All rights reserved.
keyboard_arrow_up
X