• TENTANG
    • TENTANG KAMI
    • METODE PENGAJARAN
    • PIMPINAN
    • KEKUATAN SISTEM TERPADU
    • SA IN NUMBERS
    • KONTAK
  • SEKOLAH
    • PRA-SEKOLAH
    • SEKOLAH DASAR
    • SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA
    • SEKOLAH MENENGAH ATAS
  • KAMPUS
    • KAMPUS L’AVENUE
    • KAMPUS BSD
    • KAMPUS MEDAN
    • KAMPUS SENTUL
    • KAMPUS SURABAYA
    • TUR VIRTUAL
      • L’AVENUE
      • BSD
      • SENTUL
      • MEDAN
      • SURABAYA PAKUWON INDAH
      • SURABAYA GRAND PAKUWON
  • ADMISI
    • ADMISI SAMPOERNA ACADEMY
    • CARA MENDAFTAR
    • JADWALKAN KUNJUNGAN
  • BERITA
    • BERITA
    • ACARA
  • STEAM
  • ONLINE LEARNING
  • BAHASA INDONESIA
    • BAHASA INDONESIA
    • ENGLISH
Sampoerna Academy
  • TENTANG
    • TENTANG KAMI
    • METODE PENGAJARAN
    • PIMPINAN
    • KEKUATAN SISTEM TERPADU
    • SA IN NUMBERS
    • KONTAK
  • SEKOLAH
    • PRA-SEKOLAH
    • SEKOLAH DASAR
    • SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA
    • SEKOLAH MENENGAH ATAS
  • KAMPUS
    • KAMPUS L’AVENUE
    • KAMPUS BSD
    • KAMPUS MEDAN
    • KAMPUS SENTUL
    • KAMPUS SURABAYA
    • TUR VIRTUAL
      • L’AVENUE
      • BSD
      • SENTUL
      • MEDAN
      • SURABAYA PAKUWON INDAH
      • SURABAYA GRAND PAKUWON
  • ADMISI
    • ADMISI SAMPOERNA ACADEMY
    • CARA MENDAFTAR
    • JADWALKAN KUNJUNGAN
  • BERITA
    • BERITA
    • ACARA
  • STEAM
  • ONLINE LEARNING
  • BAHASA INDONESIA
    • BAHASA INDONESIA
    • ENGLISH
Sampoerna Academy > Mengenal Arduino dalam Pembelajaran STEAM di Sampoerna Academy

Mengenal Arduino dalam Pembelajaran STEAM di Sampoerna Academy

access_timeNovember 29, 2022
perm_identity Posted by SEO Management
folder_open Artikel
arduino

Sampoerna Academy adalah sekolah yang mengadopsi metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam bidang-bidang terkait. Salah satu alat yang digunakan dalam pembelajaran STEAM di Sampoerna Academy adalah Arduino.

Arduino merupakan sebuah platform elektronik open-source yang terdiri dari hardware dan software yang mudah digunakan.

Pembelajaran STEAM adalah metode belajar yang menekankan pada pengembangan kemampuan dan keterampilan siswa dalam bidang-bidang tersebut melalui pendekatan yang kreatif dan inovatif. Alat ini sangat bermanfaat bagi siswa yang ingin belajar dan berkreasi di bidang teknologi dan rekayasa (Artificial Intelligent).

Sekilas Tentang Arduino dan Komponen di Dalamnya

arduino

Arduino adalah platform elektronik open-source yang terdiri dari hardware dan software yang mudah digunakan. Alat ini digunakan untuk membangun proyek-proyek interaktif seperti robot, alat-alat otomatisasi rumah (home automation), dan proyek Internet of Things (IoT). Alat ini memiliki bahasa pemrograman yang mudah dipahami (berbasis C++) dan software yang mudah digunakan (IDE).

Hardware Arduino terdiri dari sebuah board dengan microcontroller yang terpasang di atasnya. Microcontroller adalah sebuah chip yang bertugas menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan melalui bahasa pemrograman.

Board Arduino juga dilengkapi dengan beberapa komponen lain yang membantu dalam pengolahan sinyal dan data, seperti konektor input/output (I/O), resistor, kapasitor, dan lain-lain.

Beberapa komponen utama yang terdapat pada board Arduino adalah:

  1. Microcontroller, merupakan otak dari board alat ini yang bertugas menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan melalui bahasa pemrograman.
  2. Konektor input/output (I/O), merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan board Arduino dengan perangkat lain, seperti sensor, actuator, dan lain-lain.
  3. Power supply, merupakan bagian yang bertugas menyediakan tegangan listrik ke board Arduino. Power supply dapat berupa baterai atau sumber tegangan eksternal.
  4. Reset button, merupakan tombol yang digunakan untuk mereset board tersebut.
  5. Indikator LED, merupakan lampu yang digunakan untuk memberikan sinyal visual.
  6. Konektor USB, merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan board Arduino dengan komputer.
  7. ICSP header: merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan board tersebut dengan programmer eksternal.

Dengan mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada board Arduino, siswa dapat memahami bagaimana board alat ini bekerja dan bagaimana sistem yang dibuat dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Arduino Dalam Metode Pembelajaran STEAM

arduino

Arduino adalah platform elektronik open-source yang dikembangkan untuk teknologi masa kini. Dengan alat ini, siswa dapat membuat proyek-proyek interaktif seperti robot, alat-alat otomatisasi rumah (home automation), dan proyek Internet of Things (IoT).

Alat ini dapat membantu siswa memahami konsep-konsep teknologi, rekayasa (Artificial Intelligent), dan matematika dengan cara yang praktis dan menyenangkan.

Alat ini dapat membantu siswa memahami konsep-konsep teknologi, rekayasa, dan matematika dengan cara yang praktis dan menyenangkan.

Dengan alat ini, siswa dapat membuat proyek-proyek interaktif dengan mengirimkan instruksi-instruksi ke microcontroller pada board Arduino menggunakan bahasa pemrograman Arduino (berbasis C++) dan Software Arduino (Arduino Language) atau biasa disebut IDE yang berjalan pada komputer.

Untuk menggunakan alat ini, siswa harus memahami bahasa pemrograman Arduino yang berbasis C++ dan menggunakan Software Arduino (IDE) yang berjalan pada komputer. Ada banyak jenis board Arduino yang tersedia, masing-masing dengan kemampuan dan fitur yang berbeda.

Board Arduino Uno adalah pilihan yang baik untuk pemula karena mudah digunakan dan memiliki banyak sumber daya online yang tersedia.

Dengan menggunakan alat ini dalam pembelajaran STEAM, siswa dapat belajar secara langsung melalui praktik dan eksperimen, merancang dan membuat sistem yang sesuai dengan kebutuhan dan ide-ide mereka sendiri, serta memahami konsep-konsep teknologi dan matematika yang mendasarinya.

Selain itu, siswa juga dapat belajar dan bertukar ide dengan teman-teman atau tenaga pengajar yang memiliki minat yang sama, karena alat ini memiliki komunitas pengguna yang luas dengan banyak sumber daya online yang tersedia.

Dengan demikian, alat ini dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran STEAM untuk membantu siswa memahami konsep-konsep teknologi, rekayasa (AI), dan matematika dengan cara yang praktis dan menyenangkan.

Arduino Dalam Pembelajaran STEAM di Sampoerna Academy

arduino

Di Sampoerna Academy, siswa dapat belajar secara langsung melalui praktik dan eksperimen dengan menggunakan alat ini. Para siswa dapat merancang dan membuat sistem yang sesuai dengan kebutuhan dan ide-ide mereka sendiri, sekaligus memahami konsep-konsep teknologi dan matematika yang mendasarinya.

Selain itu, siswa juga dapat belajar dan bertukar ide dengan teman-teman atau tenaga pengajar yang memiliki minat yang sama, karena alat ini memiliki komunitas pengguna yang luas dengan banyak sumber daya online yang tersedia.

Dengan menggunakan alat ini dalam pembelajaran STEAM, siswa di Sampoerna Academy dapat belajar secara terpadu dan terkait dengan bidang-bidang ilmu yang berbeda, serta mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Alat ini merupakan alat yang sangat bermanfaat bagi siswa yang ingin belajar dan berkreasi di bidang teknologi dan rekayasa (AI).

Tertarik bergabung dan belajar di Sampoerna Academy? Ketahui lebih lanjut program yang dimiliki dengan melakukan kunjungan ke sekolah (mendaftar kunjungan sekolah via link ini).

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami via telepon di (021) 50 2222 34 dan melalui email di info@sampoernaacademy.sch.id. Team admission kami siap melayani Anda.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, kurikulum, kunjungan, dan informasi seputar Sampoerna Academy silakan mengisi data di bawah ini.

Article Form
Newer Field Trip Sampoerna Academy, Apa Saja Manfaatnya?
Older Mengenal Personalized Learning (Pembelajaran yang Dipersonalisasi) di Sampoerna Academy

Recent Post

  • Sampoerna Academy: Menjawab Tantangan Pendidikan Masa Depan
  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Pembelajaran Online
  • Contoh proyek STEAM yang Dapat Dilakukan di Sekolah Online
  • 10 Strategi Sukses untuk Belajar secara Online di Era Digital
  • Fleksibilitas & Aksesibilitas Sebagai Keunggulan Sekolah Online
  • January 2023
  • December 2022
  • November 2022
  • October 2022
  • September 2022
  • August 2022
  • July 2022
  • June 2022
  • May 2022
  • April 2022
  • March 2022
  • February 2022
  • January 2022
  • December 2021
  • November 2021
  • October 2021
  • August 2021
  • March 2021
  • January 2021
  • July 2020
  • May 2020
  • April 2020
  • October 2019
  • April 2019
  • March 2019
  • October 2018
  • September 2018
  • July 2018
  • May 2018
  • April 2018
  • March 2018
  • August 2017

Sampoerna Academy (PT. Sekolah Sampoerna Internasional) is an International school that upholds Asian values at the forefront of learning.

  • location_on
    L'AVENUE OFFICE LT.3 JLN RAYA PASAR MINGGU KAV 16. RT.007 RW 009 PANCORAN SOUTH JAKARTA 12780
  • phone_android
    0813 3000 3002
sampoerna-schools-system sampoerna-university sampoerna-academy
Tautan Cepat
  • Beranda
  • Tentang
  • FAQ
  • Kontak
  • Karir
  • Kebijakan Privasi
Terhubung dengan Kami
  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Accredited By:

© 2022 Sampoerna Academy. All rights reserved.
keyboard_arrow_up
X