• TENTANG
    • TENTANG KAMI
    • METODE PENGAJARAN
    • PIMPINAN
    • KEKUATAN SISTEM TERPADU
    • SA IN NUMBERS
    • KONTAK
  • SEKOLAH
    • PRA-SEKOLAH
    • SEKOLAH DASAR
    • SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA
    • SEKOLAH MENENGAH ATAS
  • KAMPUS
    • KAMPUS L’AVENUE
    • KAMPUS BSD
    • KAMPUS MEDAN
    • KAMPUS SENTUL
    • KAMPUS SURABAYA
    • TUR VIRTUAL
      • L’AVENUE
      • BSD
      • SENTUL
      • MEDAN
      • SURABAYA PAKUWON INDAH
      • SURABAYA GRAND PAKUWON
  • ADMISI
    • ADMISI SAMPOERNA ACADEMY
    • CARA MENDAFTAR
    • JADWALKAN KUNJUNGAN
  • BERITA
    • BERITA
    • ACARA
  • STEAM
  • ONLINE LEARNING
  • BAHASA INDONESIA
    • BAHASA INDONESIA
    • ENGLISH
Sampoerna Academy
  • TENTANG
    • TENTANG KAMI
    • METODE PENGAJARAN
    • PIMPINAN
    • KEKUATAN SISTEM TERPADU
    • SA IN NUMBERS
    • KONTAK
  • SEKOLAH
    • PRA-SEKOLAH
    • SEKOLAH DASAR
    • SEKOLAH MENGENGAH PERTAMA
    • SEKOLAH MENENGAH ATAS
  • KAMPUS
    • KAMPUS L’AVENUE
    • KAMPUS BSD
    • KAMPUS MEDAN
    • KAMPUS SENTUL
    • KAMPUS SURABAYA
    • TUR VIRTUAL
      • L’AVENUE
      • BSD
      • SENTUL
      • MEDAN
      • SURABAYA PAKUWON INDAH
      • SURABAYA GRAND PAKUWON
  • ADMISI
    • ADMISI SAMPOERNA ACADEMY
    • CARA MENDAFTAR
    • JADWALKAN KUNJUNGAN
  • BERITA
    • BERITA
    • ACARA
  • STEAM
  • ONLINE LEARNING
  • BAHASA INDONESIA
    • BAHASA INDONESIA
    • ENGLISH
Sampoerna Academy > Kegunaan Teknologi Dalam Pembelajaran STEAM online

Kegunaan Teknologi Dalam Pembelajaran STEAM online

access_timeJanuary 5, 2023
perm_identity Posted by SEO Management
folder_open Artikel
Kegunaan Teknologi Dalam Pembelajaran STEAM online

Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di Sampoerna Academy telah mengalami perkembangan yang signifikan dengan diterapkannya teknologi dalam proses belajarnya. Dengan menggunakan teknologi, siswa dapat belajar secara online dan mengakses bahan ajar yang disediakan melalui berbagai media digital.

Teknologi yang digunakan dalam pembelajaran STEAM online di Sampoerna Academy sangat beragam, mulai dari video, aplikasi, website hingga alat-alat virtual reality. Hal ini membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.

Selain itu, teknologi juga memudahkan siswa untuk mengakses bahan ajar kapan saja dan di mana saja sehingga belajar menjadi lebih fleksibel.

Teknologi juga memiliki banyak kegunaan yakni membantu dalam meningkatkan interaksi siswa dalam kelas. Dengan menggunakan aplikasi atau website yang tersedia, siswa dapat berinteraksi dengan rekan sekelasnya dan guru secara real-time. Hal ini membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Selain itu, teknologi juga memungkinkan siswa untuk berdiskusi dan berkoordinasi dengan rekan sekelasnya dalam proyek kelompok, yang membuat pembelajaran lebih berkesan.

asian girl student learning online on tablet at home, young kid studying and work happily during lockdown because of covid 19 or coronavirus

Penggunaan Aplikasi atau Tools Dalam Pembelajaran STEAM Online

Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di Sampoerna Academy telah mengalami perkembangan yang signifikan dengan diterapkannya teknologi dalam proses belajarnya.

Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran STEAM di Sampoerna Academy adalah dengan menggunakan aplikasi (tools) yang tersedia. Aplikasi tersebut dapat membantu siswa dalam belajar, mengerjakan tugas, dan berinteraksi dengan rekan sekelasnya.

Salah satu contoh project penggunaan teknologi dalam kelas STEAM online di Sampoerna Academy adalah pembuatan robot menggunakan arduino. Arduino merupakan platform mikrokontroler yang digunakan untuk membuat proyek elektronika interaktif.

Dalam proyek ini, siswa diajarkan tentang prinsip-prinsip dasar elektronika dan mekanik serta menggunakan arduino untuk merancang dan membuat robot. Siswa juga dapat berinteraksi dengan rekan sekelasnya dan guru secara real-time untuk berdiskusi dan berkoordinasi dalam pembuatan robot.

Selain itu, dalam kelas STEAM online di Sampoerna Academy juga dapat menggunakan aplikasi seperti Kahoot! untuk menyelenggarakan kuis interaktif, Google Classroom untuk mengumpulkan tugas dan berdiskusi dengan guru, serta SketchUp untuk belajar desain 3D. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, siswa dapat belajar dengan lebih interaktif dan menyenangkan.

Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi (tools) dalam pembelajaran STEAM online di Sampoerna Academy dapat membantu siswa dalam belajar dan meningkatkan interaksi siswa dengan rekan sekelasnya dan pengajar.

Hal ini membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Selain itu, dengan proyek-proyek seperti pembuatan robot menggunakan arduino, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih praktis dan menyenangkan.

Photo happy asian mother and child sitting at kitchen table with colored pencils attending virtual drawing class via video call smiling and waving hello at laptop computer screen to greet online teacher

Tantangan dan Solusi Dalam Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran STEAM Online

Implementasi teknologi dalam pembelajaran STEAM online membawa tantangan yang harus dihadapi, salah satunya adalah masalah koneksi internet yang tidak stabil. Masalah ini dapat mengganggu proses belajar dan menyebabkan siswa kesulitan dalam mengakses bahan ajar dan berinteraksi dengan rekan sekelasnya. Selain itu, pengenalan tools yang digunakan dalam pembelajaran juga menjadi tantangan bagi siswa dan guru.

Untuk mengatasi masalah koneksi internet, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan jaringan internet yang stabil di rumah atau dengan menyediakan hotspot alternatif untuk siswa yang tidak memiliki koneksi internet yang cukup baik di area tersebut. Selain itu, siswa juga dapat mengunduh bahan ajar sebelum kelas dimulai sehingga mereka tetap dapat mengakses bahan ajar meskipun koneksi internet tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah pengenalan tools, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan training kepada siswa dan guru tentang penggunaan tools yang digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga dapat membuat tutorial yang dapat diakses oleh siswa sehingga mereka dapat belajar menggunakan tools dengan mandiri.

Secara keseluruhan, implementasi teknologi dalam pembelajaran STEAM online membawa tantangan yang harus dihadapi namun dengan solusi yang tepat, tantangan tersebut dapat diatasi. Dengan mengatasi masalah koneksi internet dan pengenalan tools, siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan menyenangkan.

little asian girls remotely learn online at home by coding robot cars in stem steam mathematics engineering science technology computer code in robotics for kids concept

Kesimpulan Kegunaan Teknologi Dalam Pembelajaran STEAM Online

Kesimpulan dari implementasi kegunaan teknologi dalam pembelajaran STEAM online adalah bahwa teknologi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Namun, masalah koneksi internet dan pengenalan tools masih menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam implementasi teknologi tersebut.

Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran STEAM online melalui teknologi, salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan training kepada siswa dan guru tentang penggunaan tools yang digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga dapat menggunakan aplikasi atau website yang tersedia untuk meningkatkan interaksi siswa dalam kelas.

Bergabung bersama Sampoerna Academy adalah pilihan yang tepat untuk mencapai pendidikan berkualitas dan menyiapkan masa depan yang cerah. Sampoerna Academy menyediakan fasilitas dan kegunaan teknologi yang canggih serta tenaga yang profesional dan bersertifikasi Apple dan Google untuk mendukung proses belajar siswa. Dengan bergabung bersama Sampoerna Academy, siswa dapat belajar STEAM dengan cara yang inovatif dan menyenangkan.

Wujudkan impian dan masa depan gemilang untuk sang buah hati. Bagi orangtua yang tertarik dengan program yang ditawarkan, jangan ragu untuk menjadwalkan kunjungan ke Sampoerna Academy dan melihat langsung fasilitas dan program yang ada. Informasi terkait akademik, atau cara mendaftar, silakan klik tautan yang kami lampirkan di artikel ini.

Apabila ada pertanyaan lebih lanjut silakan isi form dibawah ini dan tim admisi kami dengan senang hati segera menghubungi Anda.

Article Form

Artikel menarik lainnya:

  • Belajar Online di SA Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
  • Keseruan Pembelajaran Daring Dengan Project-Based Learning
  • Metode Belajar STEAM Dapat Meningkatkan Kreativitas Siswa
Newer Metode Belajar STEAM Dapat Meningkatkan Kreativitas Siswa
Older Fleksibilitas & Aksesibilitas Sebagai Keunggulan Sekolah Online

Recent Post

  • Sampoerna Academy: Menjawab Tantangan Pendidikan Masa Depan
  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Pembelajaran Online
  • Contoh proyek STEAM yang Dapat Dilakukan di Sekolah Online
  • 10 Strategi Sukses untuk Belajar secara Online di Era Digital
  • Fleksibilitas & Aksesibilitas Sebagai Keunggulan Sekolah Online
  • January 2023
  • December 2022
  • November 2022
  • October 2022
  • September 2022
  • August 2022
  • July 2022
  • June 2022
  • May 2022
  • April 2022
  • March 2022
  • February 2022
  • January 2022
  • December 2021
  • November 2021
  • October 2021
  • August 2021
  • March 2021
  • January 2021
  • July 2020
  • May 2020
  • April 2020
  • October 2019
  • April 2019
  • March 2019
  • October 2018
  • September 2018
  • July 2018
  • May 2018
  • April 2018
  • March 2018
  • August 2017

Sampoerna Academy (PT. Sekolah Sampoerna Internasional) is an International school that upholds Asian values at the forefront of learning.

  • location_on
    L'AVENUE OFFICE LT.3 JLN RAYA PASAR MINGGU KAV 16. RT.007 RW 009 PANCORAN SOUTH JAKARTA 12780
  • phone_android
    0813 3000 3002
sampoerna-schools-system sampoerna-university sampoerna-academy
Tautan Cepat
  • Beranda
  • Tentang
  • FAQ
  • Kontak
  • Karir
  • Kebijakan Privasi
Terhubung dengan Kami
  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Accredited By:

© 2022 Sampoerna Academy. All rights reserved.
keyboard_arrow_up
X