Kenali lebih lanjut Sekolah Internasional di Indonesia

Berbicara mengenai topik pendidikan seperti tidak pernah ada habisnya, mulai dari kurikulum, metode belajar, biaya, hingga aturan sekolah. Semakin hari, semakin banyak orang tua yang memahami pentingnya peranan pendidikan dalam proses tumbuh kembang anak. Bahkan, tidak jarang ditemui, sebagian orang tua bermimpi untuk melihat buah hati mereka dapat bersaing di tingkat global. Hal ini seiring dengan maraknya kemunculan beragam sekolah internasional di Indonesia.

Memilih institusi Pendidikan, termasuk di sini sekolah bertaraf internasional yang tepat, sangatlah penting bagi orang tua, karena pemilihan sekolah yang tepat diharapkan dapat membantu sang buah hati dalam proses belajarnya.

Sekolah internasional sendiri tengah menjadi pembicaraan yang cukup popular di kalangan orang tua. Salah satu faktornya adalah makin tingginya pemahaman akan pentingnya pendidikan dan kurikulum berstandard internasional di masa kini.

Daya Tarik Sekolah Internasional

Sebenarnya, faktor apa saja sih yang membuat sekolah internasional memiliki daya tarik tersendiri bagi para orang tua? Terlepas dari faktor dorongan gaya hidup maupun tren yang ada, berikut beberapa fakta dan kelebihan yang dimiliki oleh sekolah internasional :

  1. Sarana dan Fasilitas dengan standard internasional

Meski perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar, kebanyakan sekolah internasional memiliki sarana dan fasilitas berstandard dan berkualitas internasional. Acap kali beberapa fasilitas yang dapat ditemui di sekolah internasional tidak dapat ditemukan di sekolah lokal, mulai dari ruang kelas, area bermain, ruang laboratorium, hingga berbagai fasilitas lapangan olah raga, dan kolam renang yang dapat dinikmati anak-anak, siswa dan siswi sekolah internasional.

  1. Tidak hanya terfokus pada hal yang bersifat akademik

Dapat dikatakan pada umumnya kurikulum Indonesia cukup menitikberatkan pada sisi akademis siswa, padahal setiap anak memiliki nilai diri dan potensi yang berbeda-beda. Untuk memastikan bahwa setiap anak dapat mengembangkan potensinya dengan optimal tentunya diperlukan wadah yang dapat memfasilitasi tumbuh kembangnya potensi tersebut. Hal ini sering ditemukan di sekolah Internasional, di mana pengajar tidak hanya fokus pada bidang akademis, namun juga melihat keunikan dan potensi dari setiap anak didiknya. Sekolah internasional biasanya juga cukup fokus untuk membangun nilai-nilai kreativitas, kepemimpinan serta mendorong sikap keingintahuan setiap anak agar mereka dapat lebih siap di dunia nyata selepas dari sekolah.

  1. Tetap mempertahankan nilai dan budaya lokal

Beberapa orang tua mungkin khawatir apabila buah hati mereka bersekolah di sekolah internasional akan memudarkan norma, nilai dan budaya lokal. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena beberapa sekolah internasional tetap mempertahankan nilai budaya lokal dalam kesehariannya. Diyakini, norma dan nilai budaya lokal sangatlah penting untuk perkembangan mental dan sikap anak di masa depan, misalnya pentingnya menanamkan nilai keharmonisan da ketertiban sosial, serta menjunjung tinggi rasa hormat pada sesama dan lingkungan sekitar.

  1. Menggunakan metode belajar terpadu

Mungkin ini adalah faktor pembeda yang paling utama antara sekolah internasional dengan institusi pendidikan lainnya, dimana tidak hanya mengadopsi kurikulum Internasional namun juga penerapan metodologi pembelajaran yang berbeda. Kurikulum internasional yang umumnya ditemukan di berbagai sekolah internasional di Indonesia adalah kurikulum Cambridge dan International Baccalaureate (IB).

Selain itu tidak kalah penting juga bagi orang tua untuk memperhatikan pedagogi, atau metodologi pengajaran di sekolah Internasional. Salah satu metode pengajaran yang cukup marak dibicarakan akhir-akhir ini adalah metodologi pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Math) yang mempersiapkan anak didik tidak hanya dari sisi akademis namun juga pengembangan karakter.

  1. Koneksi langsung dengan universitas ternama di luar negeri

Jika salah satu tujuan pemilihan sekolah internasional adalah untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di luar negeri, maka sekolah internasional adalah pilihan yang tepat. Selain mempersiapkan anak didik dari sisi kemampuan berbahasa asing dan juga dari sisi akademis, sekolah internasional pada umumnya juga memiliki koneksi atau kerja sama langsung dengan beberapa universitas luar negeri yang ternama.

Salah satu sekolah internasional yang menggunakan kurikulum internasional terbaik serta metodologi pembelajaran berbasis STEAM di Indonesia adalah Sampoerna Academy. Sampoerna Academy mengadopsi berbagai kurikulum internasional yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan tertentu.Seperti, untuk jenjang pendidikan Early Learning atau jenjang pendidikan usia dini, Sampoerna Academy mengadopsi kurikulum IEYC (International Early Years Curriculum) yang merupakan kurikulum pembelajaran internasional berbasis tematik dan cross-curricular yang sukses digunakan di berbagai belahan dunia.

Sementara itu untuk jenjang sekolah dasar dan menengah Sampoerna Academy menerapkan kurikulum Cambridge dan juga mengadopsi kurikulum Singapore Math serta menghadirkan pembelajaran Bahasa Mandarin berbasis kurikulum dari Beijing Language and Culture University (BLCU) yang merupakan salah satu kurikulum terbaik di dunia di bidangnya. Sampoerna Academy juga menawarkan opsi untuk siswa di kelas 11 dan kelas 12 untuk memilih kurikulum yang akan diadopsi, yaitu kurikulum Cambridge atau International Baccalaureate (IB).

Yang uniknya lagi dari Sampoerna Academy adalah penerapan metode pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) yang dipadukan ke dalam kurikulum pembelajaran. Melalui metode ini, siswa-siswi Sampoerna Academy mengembangkan kemampuan berkomunikasi, kreativitas, critical thinking, kolaborasi dan juga pengembangan karakter pada anak. Selain itu dalam kegiatan belajar mengajarnya, Sampoerna Academy juga turut menyertakan nilai budaya lokal sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik, dan mampu bersaing baik di kancah nasional maupun internasional.

Lulusan dari Sampoerna Academy juga memiliki prestasi akademis yang patut dibanggakan. Tak jarang dari siswa lulusan Sampoerna Academy yang berhasil meneruskan jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi ternama baik di Indonesia maupun di luar negeri.