Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta Selatan

Mencari sekolah terbaik untuk anak tentu menjadi prioritas bagi setiap orang tua. Sayangnya mencari sekolah berkualitas susah-susah gampang. Berbagai kriteria pun harus dipenuhi, mulai dari sejarah sekolah hingga kualitas lulusan sekolah tersebut.

Salah satu jenis sekolah pilihan favorit orang tua adalah sekolah dengan kurikulum internasional. Kelebihan sekolah internasional adalah mengacu pada kurikulum Cambridge atau IB dan ini memberikan peluang yang lebih besar untuk melanjutkan studi ke universitas-universitas bergengsi di seluruh dunia.

Sebelum kita membahas lebih jauh rekomendasi sekolah internasional terbaik di Jakarta Selatan, mari kita tinjau kembali apa yang membedakan sekolah internasional dengan sekolah nasional.

Perbedaannya adalah pada kurikulumnya yang berpedoman pada International Baccalaureate atau IB, Cambridge, dan lain-lain. Artinya seluruh materi pelajaran juga akan disampaikan dalam Bahasa Inggris sehingga putra-putri Anda terbiasa berkomunikasi dalam bahasa asing tersebut.

Nah, berikut daftar sekolah internasional terbaik di Jakarta Selatan yang bisa dijadikan referensi saat Anda memilih sekolah untuk buah hati Anda.

Daftar sekolah internasional terbaik di Jakarta Selatan

  1. Sampoerna Academy

Sampoerna Academy adalah sekolah internasional dengan perkembangan terpesat di Indonesia. Menyediakan pendidikan berkualitas tinggi yang menerapkan pendekatan internasional dengan tetap menjunjung tinggi budaya Indonesia. Kampusnya berlokasi di Jakarta, Medan, dan Surabaya. Kampus Sampoerna Academy Jakarta berlokasi di L’Avenue Building, Jl. Raya Pasar Minggu, Kav. 16, Pancoran, Jakarta Selatan. Kelas di Sampoerna Academy menyediakan jenjang mulai dari Early Learning hingga Secondary.

Sampoerna Academy menyesuaikan kurikulum internasionalnya dengan memasukkan IEYC untuk Early Learning dan Cambridge Pathway, Matematika Singapura, dan Mata Pelajaran Standar HSK untuk Elementary dan Secondary. Setiap kampus didukung oleh ruang kelas yang terintegrasi dengan teknologi, Program Tri-bahasa, dan Student-Parent Advisory Center.

Sebagai pelopor STEAM di Indonesia, Sampoerna Academy mengintegrasikan perspektif STEAM: Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics, bersama dengan penggabungan Project-Based Learning.

Dengan STEAM sebagai bagian dari kurikulum, siswa Sampoerna Academy akan dapat mengembangkan keterampilan 5C (Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking, and Character Development) yang akan melatih mereka untuk siap bekerja dan siap hadapi dunia saat mereka menerapkan keterampilan tersebut di luar kelas.

  1. Jakarta Intercultural School

Jakarta Intercultural School (sebelumnya Jakarta International School-JIS) adalah SMP dan SMA internasional swasta di Jalan Terogong Raya No.33, Cilandak. Sekolah ini didirikan pada 1951 untuk anak-anak ekspatriat yang tinggal di Jakarta. JIS mengikuti model kurikulum Amerika Utara dari prasekolah sampai kelas 12 (3 SMA). Sekolah internasional di Jakarta Selatan ini diakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges, serta Council of International Schools. JIS menerapkan kurikulum IB dan Advanced Placement yang berpedoman pada penyelidikan komprehensif.

JIS menyediakan jenjang pendidikan mulai dari elementary school atau SD. Untuk mendukung kegiatan pendidikan di sekolah JIS menyediakan laboratorium sains, ruang kebugaran, lapangan olahraga, kolam renang, dan lain-lain.

  1. Binus School Simprug

Sekolah yang kerap disebut BISS (sebelumnya bernama Binus International School Simprug) ini berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda Kav. G-8, Kebayoran Lama. Sekolah ini menyelenggarakan jenjang pendidikan dari Early Years (TK) hingga High School (SMA), dengan menggunakan kurikulum dari International Baccalaureate (IB).

Sejalan dengan visinya, “A World-Class Community Of Proud And Outstanding Achievers”, BISS membimbing siswa untuk berprestasi di tingkat lokal maupun global. Staf pengajar profesional Indonesia dan luar negeri pun dihadirkan untuk menggapai tujuan tersebut.

  1. NIS International School

NIS merupakan salah satu sekolah internasional terbaik yang berlokasi Jl. NIS 1, Kenanga Terusan ampera Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. 3 bahasa yang diajarkan di NIS adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Belanda. Sekolah ini menggunakan kurikulum Cambridge, kurikulum Belanda, dan International Primary Curriculum.

Dalam proses pendidikannya, NIS International School bekerjasama dengan Juliard School serta Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan UNICE. NIS memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan menyediakan tenaga pengajar yang berpengalaman. Sekolah ini dilengkapi dengan fasilitas ruang kelas, lapangan futsal outdoor, kolam renag, taman bermain, ruang music, dll.

  1. New Zealand Independent School Jakarta

Sekolah terbaik di Jakarta Selatan berikutnya adalah sekolah New Zealand Independent School Jakarta yang berlokasi di Jl. Kemang Selatan I B No. 1A, Kemang, Jakarta Selatan.

Sekolah ini merupakan sekolah internasional yang berbasis ajaran pendidikan New Zealand yang tersedia dari jenjang Early Years sampai Secondary. Jenjang Early Years didalamnya sudah termasuk Kindergarten yang berkulikulum Te Whariki atau kurikulum The New Zealand Early Childhood Education. Jenjang Primary mengukuti kurikulum Te Whariki dan Kurikulum Cambridge.

Untuk Primary School ada 22 kelas dan masing-masing kelas dapat ditempati sebanyak 22 siswa. Pendaftaran Primary School berlaku untuk siswa muali dari usia 5 tahun.

  1. Mentari Intercultural School

Sekolah internasional ini berlokasi di Jl. H. Jian No.2, Cipete Utara, Jakarta Selatan. Selain di Jakarta Selatan, Mentari Intercultural School juga memiliki kampus lain di Kali Deres, Jakarta Barat dan Pondok Aren, Tangerang. Mentari Intercultural School Jakarta Selatan berkurikulum IB atau International Baccalaureate. Kurikulum IB yakni kurikulum berdasarkan pendidikan Genewa Swiss dengan system pembelajaran yang menantang, menarik, relevan, dan ketat. Melalui Mentari Intercultural School, setiap siswa dipersiapkan menuju pendidikan yang lebih tinggi dan mudah bersaing.

Ada 4 program pendidikan yang tersedia, yaitu Preschool, Elementary, Junior High School, dan Senior High School.

  1. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta berlokasi di Jalan Warung Jati Barat No.19, Pasar Minggu. Sekolah internasional di Jakarta Selatan yang didirikan pada 2004 ini fokus mendidik anak usia 3 hingga 17 tahun. Kurikulumnya berbasis Selandia Baru.

Sejak Mei 2010, ACG School Jakarta telah menjadi International Baccalaureate atau IB World School, dan menawarkan IB Primary Years Program (PYP). Selain di Indonesia, sekolah ini juga ada di Selandia Baru dan Vietnam.

  1. International Islamic High School

Sesuai namanya, SMA bertaraf internasional ini berkarakter Islam. Hal tersebut juga tertuang dalam visi International Islamic High School (IIHS), yakni “Membangun pendidikan Islam internasional berdasarkan Al-Quran dan sunnah Rasul SAW, untuk menegakkan eksistensi manusia sebagai Khalifatullah Fil-Ardh.”

Pendidikan komprehensif yang diberikan berdasarkan pada lima pilar yaitu bahasa, keunggulan akademik, studi Islam, keterampilan interpersonal, dan program luar negeri. Setiap pelajaran juga diberikan dalam bahasa Inggris, Arab, dan Bahasa Indonesia.

  1. Ichthus School

Ichthus Schools yang berlokasi di Jalan Caringin Barat No.1, Cilandak ini adalah institusi pendidikan Kristen yang menyediakan pendidikan menyeluruh mencakup kurikulum komprehensif dan pengembangan sosial, karakter, serta spiritual.

Didirikan pada 2001, sekolah ini berkomitmen mempersiapkan peserta didik secara akademis menuju sertifikasi International General Certificate of Secondary Education (IGSCE), atau Sertifikat Internasional Pendidikan Menengah. Jadi secara tidak langsung, mereka mempersiapkan siswa SMA untuk melanjutkan sekolah di luar negeri.